Baznas Kota Cirebon Tetapkan Zakat Fitrah Rp45 Ribu

Baznas Kota Cirebon Tetapkan Zakat Fitrah Rp45 Ribu

Baznas Kota Cirebon Tetapkan Zakat Fitrah Rp45 Ribu-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID -Menyambut Ramadan yang tinggal menghitung hari, berbagai persiapan mulai dilakukan. Seperti yang dilakukan Badan Amil Zakat Nasional ( baznas kota Cirebon), Jumat, 16 Feberuari 2024 mengelar rapat di gedung Setda.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon menggelar rapat penentuan besaran zakat fitrah dan hasil rapat disepakati besaran zakat fitrah sebesar Rp 45 Ribu.

Ketua Baznas Kota Cirebon, Hamdan MPd  Seusai rapat menjelaskan, rapat pada hari ini adalah bagian dari program dari Baznas Kota Cirebon dalam rangka Menentukan besaran zakat fitrah.

Pada rapat tahun ini, sesuai undangan tahun kemarin hanya instansi terkait yang kami undang, untuk tahun ini Forkopimda kami undang, dinas terkait, ormas Islam juga kami undang agar tidak ada gejolak terkait penentuan zakat fitrah.

BACA JUGA:Doa Bersama dan Nyalakan Lilin Perdamaian

"Dan hasil rapat ini bisa disosialisasikan, dan sepakat besaran beras  2,8 kg, dan dikonversikan uang besarannya  Rp 45 ribu," kata Hamdan.

Acuan penentuan Rp 45 ribu atau 2,8 kg, menggunakan beras medium, karena  kebanyakan warga kota Cirebon menggunakan beras medium. 

Melansir dari radarcirebon.com, bahwa perbedaan harga beras mulai Ramadan sampai Idul fitri kami hitung kenaikannya 10 persen. Kabag Kesra, Rokila menambahkan, terkait  kesepakatan zakat fitrah tahun ini, kita mengacu tahun kemarin karena ini sudah berjalan dengan baik dari tahun 2019-2023 berjalan lancar.

Penentuan ini, lanjut Rokila,  bukan dari Baznas atau  pemerintah, tapi dari berbagai instansi terkait mulai MUI, DKUKMPP. Maka dari itu kami mengacu  terhadap  regulasi yang ada dan dikaitkan dengan kaidah syari, dan penentuan zakat fitrah disepakati sama.

BACA JUGA:Polsek Gantar Kawal Pergeseran Logistik Pemilu 2024

"Kita ambil pertengahan 1 kg harga beras Rp 14,500, kalau Ramadan naik 10 persen, jadi dinominalkan dibulatkan Rp 45 ribu dan disesuaikan kondisi lapangan," pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: