Bupati Nina Serahkan Bantuan Benih Padi

Bupati Nina Serahkan Bantuan Benih Padi

SIMBOLIS: Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA menyerahkan bantuan bibit benih kepada kelompok tani, kemarin.-Anang Syahroni-Radar indramayu

INDRAMAYU , RADARINDRAMAYU.ID – Memperkuat Kabupaten Indramayu sebagai lumbung pangan nasional harus didukung dengan faktor-faktor utama. Salah satunya ketersediaan benih padi unggul setiap musim tanam tiba.

Untuk ketersediaan benih padi yang ada di petani, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina SH MH CRA menyerahkan bantuan benih padi kepada 722 kelompok tani (Poktan) yang tersebar di 22 kecamatan, Senin (12/2). Balai Benih Hortikultura DKPP Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang.

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA menjelaskan, selain ketersediaan benih padi faktor utama lain yang harus diperhatikan yakni lahan yang subur, ketersediaan air, intensitas cahaya matahari, ketersediaan pupuk, dan SDM petani yang tangguh.

Kemudian untuk mendukung produksi pertanian juga diperlukan adanya peran teknologi seperti teknologi pembenihan, teknologi irigasi, teknologi pascapanen, serta teknologi nutrisi tanaman.

BACA JUGA:834 Personel Siap Amankan TPS Di Kabupaten Indramayu

“Benih unggul ini sebagai upaya untuk menciptakan tanaman padi yang berkualitas terutama benih padi yang tahan penyakit, tahan banjir, dan keunggulan lainnya. Dengan bantuan bibit ini para petani bisa menghasilkan produksi padi yang meningkat,” tegas Nina.

Pada kesempatan itu Bupati Nina juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para petani Indramayu karena telah bekerja keras untuk mewujudkan pertanian Indramayu yang lebih berkualitas lagi.

“Terima kasih banyak kepada para petani Indramayu karena telah menjadi pahlawan pangan di Indonesia, mari kita terus bersinergi agar terwujudnya lumbung pangan nasional,” kata Nina.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu, Sugeng Heriyanto mengatakan, dari 722 kelompok tani yang tersebar di 22 kecamatan tersebut jumlah benih yang disalurkan mencapai 556.275 kilogram.

BACA JUGA:Masa Tenang Pol PP Bersama Bawaslu Tertibkan APK

“Bantuan benih padi ini diharapkan dapat memangkas biaya produksi para petani dalam menyiapkan bibit,” katanya. (oni)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: