Penerapan SPBE Raih Predikat Sangat Baik

Penerapan SPBE Raih Predikat Sangat Baik

BEPRESTASI: Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Indramayu Dadang Oce Iskandar membeberkan laporan hasil evaluasi dari KemenPAN-RB terkait SPBE yang berpredikat sangat baik, kemarin. -istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menetapkan pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan predikat Sangat Baik.

Berdasarkan Laporan Hasil Evaluasi (LHE) yang dilaksanakan pada tahun 2023 lalu, pelaksanaan SPBE di Kabupaten Indramayu mencapai indeks 3,53 poin. Angka ini terus mengalami peningkatan sejak tahun 2021 lalu.

Menyikapi hasil itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar menjelaskan, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

Menurut Oce, indeks SPBE Kabupaten Indramayu sejak tahun 2021 terus mengalami peningkatan signifikan.
Diungkapkannya, pada tahun 2021 indeks SPBE hanya 2,57 predikat Cukup. Kemudian, tahun 2022 indeks SPBE mencapai 3,09 predikat Baik.

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Mulai Rancang RPJPD 2025- 2045

Dan, pada tahun 2023 meraih predikat Sangat Baik dengan indeks 3,53. “Raihan indeks 3,53 ini melampaui terget yang ditetapkan Bupati Indramayu sebesar 3,50,” ujarnya.

Dijelaskan Oce, pelaksanaan SPBE menjadi sangat penting karena untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.

Menurutnya, penilaian SPBE bagi Kabupaten Indramayu telah melalui serangkaian tahapan yakni penilaian eksternal melalui dokumen, penilaian interview, dan penilaian akhir visitasi.

“Semoga dengan pencapaian ini, makin menguatkan kita dalam mencapai tujuan visi Indramayu Bermartabat,” kata Oce. (oni/rls)

BACA JUGA:Wawancara Terakhir dengan Buya Syakur, Ingin Bangun Rumah Sakit dan Titip Pondok Pesantren

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: