KA Ranggajati Alami Keterlambatan, Imbas Anjloknya KA Pandalungan di Tanggulangin Sidoarjo

KA Ranggajati Alami Keterlambatan, Imbas Anjloknya KA Pandalungan di Tanggulangin Sidoarjo

ANJLOK: Warga melihat kereta api yang anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024). Anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember tersebut menyebabkan perjalanan sejumlah KA lintas selatan Jawa mengalami ket-ANTARA-RADAR INDRAMAYU

PURWOKERTO, RADARINDRAMAYU.ID - Kereta Api (KA) 75A Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024) pukul 07.57 WIB. Imbas kecelakaan itu, perjalanan sejumlah KA lintas selatan Jawa mengalami keterlambatan.

"Sejumlah KA lintas selatan Jawa diprediksi mengalami keterlambatan saat tiba di stasiun tujuan termasuk stasiun-stasiun di wilayah KAI Purwokerto," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Feni Novida Saragih di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (14/1/2024).

Dia mengatakan beberapa kereta api yang diprediksi mengalami keterlambatan di antaranya KA 115 Ranggajati relasi Jember-Surabayagubeng-Purwokerto-Cirebon dan KA 211 Logawa relasi Jember-Surabayagubeng-Purwokerto.

Terpisah, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Surabaya, Minggu, menyampaikan permohonan maaf atas pembatalan sebagian relasi Commuter Line Penataran KA (432) untuk tujuan Sidoarjo – Surabaya Kota.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jabar Apresiasi Komitmen Bank BJB Dukung Sektor UMKM

BACA JUGA:Disdukcapil Kuningan Bakal Jemput Perekaman Langsung ke Sekolah untuk Pemilih Pemula Belum e -KTP

Bahkan, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi pelayanan sejumlah perjalanan KA lokal atau Commuter Line, salah satunya Penataran KA (432) relasi Blitar tujuan Surabaya Kota yang hanya berhenti di Stasiun Tanggulangin Sidoarjo akibat anjloknya KA Pandalungan. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan KAI Daop 8 Surabaya selama evakuasi KA Pandalungan dan upaya normalisasi jalur rel di Stasiun Tanggulangin,"
Selain itu, pihaknya juga melakukan rekayasa pola operasi perjalanan Commuter Line yang akan melintas di lokasi kejadian tersebut.

"Untuk seluruh perjalanan Commuter Line dari arah Surabaya untuk tujuan Sidorajo - Pasuruan/Malang – Blitar seperti Commuter Line Penataran dan Commuter Line Supas perjalanannya hanya sampai Stasiun Sidoarjo untuk kembali ke arah Surabaya, sedangkan untuk pelayanan perjalanan Commuter Line Tumapel dibatalkan," ungkapnya.

Sementara, lanjutnya, untuk perjalanan Commuter Line dari arah Malang tujuan Sidoarjo dan Surabaya, seperti Commuter Line Penataran perjalanannya hanya sampai Stasiun Bangil untuk kembali ke arah Malang, sedangkan untuk Commuter Line Supas (Pasuruan-Sidoarjo) juga dibatalkan.

"Untuk pengguna Commuter Line Penataran KA (432) tujuan Surabaya Kota yang tertahan perjalanannya di Stasiun Tangulangin, dapat membatalkan tiketnya dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket, prosesnya dilayani sampai dengan H+7," terangnya.

BACA JUGA:Gak Ada Kapoknya, Baru Keluar Penjara Wanita Spesialis Penipuan Penjualan Rumah Mewah di Cirebon

BACA JUGA:Akibat Kontak Listrik Rusak, Rumah Ludes Terbakar

Pihaknya mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk selalu ikuti arahan dari petugas di stasiun maupun di dalam kereta. "Untuk update informasi layanan perjalanan Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya akan kami informasikan secara berkala," tuturnya.

Sebelumnya, PT KAI Daop 8 Surabaya membenarkan dan menyampaikan permohonan maaf atas peristiwa Kecelakaan Kereta Api berupa anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember di Emplasemen Stasiun Tanggulangin pada Minggu, pukul 07.57 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: