Mengenal Sosok Rektor ITPB Dr Ir Hj Hanifah Handayani MT, Inovator Transformasi Pendidikan Tinggi

Mengenal Sosok Rektor ITPB Dr Ir Hj Hanifah Handayani MT, Inovator Transformasi Pendidikan Tinggi

CETAK LULUSAN SIAP KERJA: Rektor Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) Dr Ir Hj Hanifah Handayani MT menerima penghargaan Person of The Year Radar Cirebon 2023 sebagai Inovator Transformasi Pendidikan Tinggi di Gedung Kaliandra RCTV, kemarin.-SENO DWI PRIYANTO-RADAR INDRAMAYU

RADARINDRAMAYU.ID - Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Kabupaten Indramayu, Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), menjadi perguruan tinggi yang konsen di sektor minyak dan gas (migas).

Bahkan perguruan tinggi yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Pusat Kota Indramayu ini dapat dikatakan menjadi salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di sektor migas.

Sejak berdiri tahun 2002 dengan nama Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan, kemudian di tahun 2022 bermetamorfosa menjadi Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Bina Islami Indramayu ini telah banyak mencetak ahli madya yang memiliki keahlian di sektor miga.

Kini, lulusannya sudah banyak bekerja di berbagai perusahaan migas dan non migas baik kelas nasional dan internasional. Saat ini, ITPB memiliki dua fakultas. Pertama, Fakultas Vokasi terdapat 3 program studi (Prodi) yaitu Prodi Teknik Perminyakan, Prodi Teknik Kimia, dan Prodi Fire and Safety.

BACA JUGA:Hj Nina Agustina Dinobatkan sebagai Bupati Pelestari Budaya

BACA JUGA:Peringati Hari Ibu, Pj Gubernur Bey Machmudin: Perempuan Dalam Berbagai Sektor Pembangunan

Kedua, Fakultas Teknik Strata Satu (S1) terdiri dari 3 Program Studi yaitu Prodi Teknik Perminyakan, Prodi Teknik Lingkungan, dan Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran (RKK).

Hal itu, tidak terlepas dari peranan sosok Rektor ITPB, Dr Ir Hj Hanifah Handayani MT, yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu pendidikan di ITPB agar lulusannya memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Saat ini, ITPB menjalin komunikasi dengan universitas dari 4 negara yakni Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei Darussalam, serta menyelenggarakan seminar-seminar nasional maupun internasional bagi mahasiswa.

Salah satunya dengan mengadakan seminar internasional yang turut melibatkan 3 universitas yaitu University Tun Hussein On Malaysia (Malaysia), Malaya University (Malaysia), dan  Al Furat Al Awsat Technical University (Irak).

BACA JUGA:Kematian Ibu dan Bayinya Yang Viral. Ini Kata Pihak RS MA Sentot Patrol

BACA JUGA:Tega! Ayah Gergaji Jari Anak,Pelaku Sempat Melarikan Diri, Kini Ditahan di Rutan Mapolres Kunin Dr Ir Hj Hanifah Handayani MT,gan

Selain itu, ITPB juga telah bekerjasama dengan Forum Quality, Health, Safety, Environment (QHSE) BUMN Kontruksi sehingga lulusan-lulusan ITPB dapat bekerja di perusahaan BUMN yang tergabung dalam Forum QSHE BUMN Kontruksi. Sehingga bisa dikatakan ini jadi gerbang kesuksesan bagi lulusan ITPB mengingat banyak permintaan tenaga ahli untuk Ibu Kota Negara (IKN) melalui Forum QHSE.

Baru-baru ini, ITPB menyelenggarakan Sharing Session tentang Mengintip Proses Rekruitmen Karyawan dengan dengan pembicara Ketua Forum HRD Cirebon, Miss Josephine Tan dari Singapura dan Chen Yin, Indonesia Jiangsu Chamber of Commerce dari China. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: