Kecewa Progres Pemekaran, Warga Cirebon Timur akan Kepung Gedung DPRD

Kecewa Progres Pemekaran, Warga Cirebon Timur akan Kepung Gedung DPRD

Qorib Magelung Sakti SH MH, Koordinator Aksi-istimewa-RADAR INDRAMAYU

Kutipan:
“DPRD sebagai wakil rakyat harusnya mewakili apa yang rakyat Cirebon Timur inginkan. Kami di Cirebon Timur menginkan menjadi mandiri dan menjadi daerah terpisah dari Kabupaten Cirebon,"
(Qorib Magelung Sakti SH MH, Koordinator Aksi)

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Ribuan masyarakat Cirebon Timur yang tergabung dalam Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) bakal mengepung Gedung DPRD Kabupaten Cirebon pada Jumat (24/11). Hal ini dilakukan karena progress pemekaran yang ditempuh di dedung dewan justru molor.

Koordinator Aksi, Qorib Magelung Sakti SH MH mengatakan akan ada sekitar 5000 orang yang bakal ikut dalam aksi kepung Gedung DPRD. “Langkah ini terpaksa kami lakukan karena saat ini disinyalir ada upaya penjegalan yang terstruktur, sistemik, dan masif dalam penjegalan Cirebon Timur. Kita akan kepung Kantor DPRD," ujar Qorib kepada Radar Cirebon, kemarin.

Ia mengatakan ada dua tuntutan utama yang akan disampaikan. Yakni mendesak DPRD untuk segera menggelar paripura Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Cirebon Timur. “DPRD sebagai wakil rakyat harusnya mewakili apa yang rakyat Cirebon Timur inginkan.

Kami di Cirebon Timur menginkan menjadi mandiri dan menjadi daerah terpisah dari Kabupaten Cirebon," tegasnya.

BACA JUGA:Angkutan Umum Siap Antar dari Indramayu ke BIJB, Wisata Bahari dan Ziarah di Pulau Biawak

BACA JUGA:BRImo Transaksi Perbankan Semua Jadi Lebih Mudah

Qorib merasa progress di DPRD justru berbanding terbalik dengan semangat kemandirian Cirebon Timur. Bahkan, menurutnya, upaya penjegalan sangat dirasakan menggangu perjuangan para penggiat pemekaran Cirebon Timur.

“Kami juga mendesak agar Ketua DPRD dicopot dari jabatannya. Apa yang terjadi saat ini berbeda dengan komitmen awal. Tidak ada iktikad baik untuk segera menggelar paripurna," tandasnya.

JADWAL ULANG RAPIM PERSETUJUAN CODB
Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Mohamad Luthfi MSi akhirnya angkat bicara. Ia membantah membatalkan rapat pimpinan DPRD dan ketua fraksi. Ia mengaku pada Selasa (21/11) sejak pukul 08.00 hingga 10.30 dirinya sudah ada dikantor. Hanya saja, pimpinan DPRD dan fraksi belum juga datang.

“Gue tunggu di ruang bamus belum ada yang datang. Akhirnya saya cabut ke Jakarta mengingat ada kegiatan lain. Batalnya rapim itu akan kita jadwal Senin 27 November," terang Luthfi kepada Radar Cirebon, kemarin.

BACA JUGA:Kemenag Indramayu Beri Sembako Honorer hingga Donasi Palestina

BACA JUGA:Layanan Super PLN Masa Kini, Aplikasi PLN Mobile Sekali ‘Klik’ Langsung Beres

Terkait surat permohonan Bupati Cirebon meminta rapat paripurna persetujuan bersama Derah Otonomi Baru (DOB), kata Luthfi, pihaknya hanya mengikuti alur. Yang pasti rapim nanti akan membahas surat tersebut. Apakah akan dilanjut di forum paripurna untuk mengambil keputusan atau tetap menunggu kajian bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: