Adat Sedekah Bumi Warga Desa Jatibarang Berlangsung Meriah

Adat Sedekah Bumi Warga Desa Jatibarang Berlangsung Meriah

MERIAH: Kuwu Jatibarang Agus Darmawan SH bersama istri ikut serta meriahkan pawai adat sedekah bumi dengan menaiki kereta kencana, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Ribuan masyarakat Desa / Kecamatan Jatibarang dari berbagai usia tumpah ruah memadati Jalan Mayor Dasuki Jatibarang saat acara pawai adat yang merupakan rangkaian pelaksanaan adat desa sedekah bumi, Kamis (16/11).

Mereka tumpah ruah di jalanan sembari menunjukan berbagai hasil kreasi dari 7 Rukun Warga (RW) dan di arak berkeliling  wilayah Desa Jatibarang. Hal itu membuat pengguna jalan rela berhenti untuk menyaksikan berbagai hasil karya warga dalam acara pawai adat budaya sedekah bumi tersebut.

Kuwu Jatibarang Agus Darmawan SH mengungkapkan kegiatan karnaval atau pawai adat oleh warga Jatibatang dengan berbagai hasil kreasi merupakan rangkaian acara pelaksanaan adat desa sedekah bumi yang setiap tahun di laksanakan.

"Berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 15, 16 dan 17 November 2023, diawali dengan pelaksanaan awal khitanan masal, doa bersama, jalan santai pawai adat budaya, dan besok pelaksanaan pentas wayang kulit," ujarnya.

BACA JUGA:Kejari Musnahkan Barang Bukti Bukti Narkotika, Psikotropika dan Jutaan Uang Palsu

BACA JUGA:Dua Pengedar OKT Ditangkap 87.674 Butir Sediaan Farmasi Diamankan 

Disampaikan, Agus pelaksanaan pawai adat desa, secara langsung turut melibatkan semua lapisan masyarakat desa. Mereka secara gotong royong setiap RW membuat hasil kreasi yang dipersiapkan untuk meriahkan adat sedekah bumi. Selanjutnya untuk meriahkan semangat warga Pemdes Jatibarang juga telah menyiapkan berbagai macam hadiah bagi warga yang ikut serta meriahkan pelaksanaan sedekah bumi.

"Sedekah bumi menjadi sarana ucapan syukur atas berkah dan rahmat Allah swt, semoga warga Jatibarang diberikan kesehatan, kelancaran dalam usaha serta dapat mempererat tali silaturahim, warga Jatibarang semakin kompak," tuturnya.

Agus pun berharap dengan rangkaian pelaksanaan adat sedekah bumi, yang di awali dengan rangkaian doa bersama, selain menjadi ungkapan rasa syukur, ini juga menjadi sarana mendoakan agar masyarakat Jatibarang agar terhindari dari berbagai macam bala dan mara bahaya.

"Terimakasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan rangkaian acara adat sedekah bumi, bahkan Ibu Bupati juga berkenan hadir untuk membuka pawai kreasi adat di Desa Jatibarang," katanya. (oni)

BACA JUGA:Program Iceta Dinilai Berhasil, Atasi Ratusan Masalah Sosial

BACA JUGA:Pantai Karangsong Jadi Tempat Kegiatan Program Penanaman 10 Juta Pohon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: