SEMANGAT Tingkatkan Kompetensi Literasi di Sekolah, SMPN 2 Haurgeulis Ikuti Program Talenta 2023

SEMANGAT Tingkatkan Kompetensi Literasi di Sekolah, SMPN 2 Haurgeulis Ikuti Program Talenta 2023

SEMANGAT – Tim Talenta SMPN 2 Haurgeulis (Gridalis) mengikuti wisata edukasi untuk membuka wawasan dan pengetahuan.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

HAURGEULIS, RADARINDRAMAYU.ID – SMP Negeri 2 Haurgeulis (Gridalis) berkomitmen turut berkontribusi untuk menyukseskan program Implementasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Mewujudkannya, sekolah yang berada di tepi Jalan Pangeran Diponegoro, Desa Kertanegara, Kecamatan Haurgeulis ini ikut serta dalam program Tantangan Literasi Nusantara (Talenta) 2023 yang diadakan oleh GLN Provinsi Jawa Barat.

Tak tanggung-tanggung, Gridalis mengirimkan 2 tim dalam ajang paling bergengsi dalam kegiatan literasi tersebut. Tim terdiri dari 12 siswa dan 6 orang guru.

Kepala SMP Gridalis, Nur Aisah SPd MPdI tak mau ketinggalan. Umi Nur sapaan akrabya, ikut pula menjadi peserta Talenta dan menyelesaikan tugas-tugasnya selalu tepat waktu.

BACA JUGA:Cara Yamaha Buktikan Kualitas Produk, Perpanjang Masa Garansi 5 Tahun & Pamer Dapur Produksi Berstandar Global

BACA JUGA:Daya Tarik Custom Motor Sport Heritage Jadi Pusat Perhatian Yamaha Yard Built x Kustomfest di Yogyakarta

“Keikutsertaan GLS Gridalis dalam program Talenta ini tentunya untuk meningkatkan kompetensi literasi dilingkungan sekolah, sekaligus mendukung program pemerintah. Alhamdulillah, siswa dan guru semua antusias mengikuti. Semoga bisa menyelesaikan semua tantangan tepat pada waktunya,” kata Umi Nur kepada Radar, Kamis (12/10)

Sebagaimana diketahui, tahun ini Talenta  memperluas cakupannya ke seluruh wilayah Indonesia dari sabang hingga merauke.

Peserta Talenta berasal dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Gerakan Literasi Keluarga (GLK) dan Gerakan Literasi Masyarakat (GLM).

Program ini akan berlangsung selama sepuluh bulan yakni sejak Maret sampai Desember 2023.

BACA JUGA:LPS Total Sudah Cairkan Rp222,96 Miliar Bagi 25000 Nasabah BPR KR Indramayu

BACA JUGA:7 Kandidat Calon Sekda Indramayu Bersaing Ketat. Iin Indrayati Calon Terkuat

Dalam waktu sepuluh bulan kedepan, peserta harus menyelesaikan sepuluh tantangan literasi. Yaitu mengikuti diklat, menulis review buku, menulis cerpen, carpon, puisi, pantun, story telling, khatam Alquran/kitab, best practice (peserta guru), mendongeng, membuat video Literasi, mencetak buku dan lainnya.

Umi Nur yang juga dikenal sebagai seorang penggerak literasi ini terus memberikan motivasi kepada tim Talenta Gridalis untuk terus mengerjakan tantangan dengan penuh semangat meski tugas-tugas akademik menumpuk.

“Kami tentu sangat mendukung keikutsertaan pada program Talenta ini. Sekolah memfasilitasi sebagai upaya peningkatan mutu dan kompetensi literasi di lingkungan sekolah dan numerasi yang secara umum menurun dalam rapor mutu pendidikan sekolah,” terang dia.

Waka kurikulum Gridalis, Novianti SPd menyatakan, Umi Nur selalu mendukung setiap kegiatan yang diikuti oleh siwa maupun guru. Diapun ikut terjun langsung untuk meningkatkan budaya kiterasi dilingkungan sekolah.

BACA JUGA:Sosialisasi Permenaker Jaminan Sosial PMI, Menaker Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

BACA JUGA:Bupati Nina Borong Tiga Penghargaan, Atas Perhatiannya kepada Pekerja Migran Indonesia

Hal ini sebagai bentuk komitmen menjadikan SMPN 2 Haurgeulis ikut serta ambil bagian dalam peningkatan literasi dan minat baca siswa.

Bahkan belum lama ini, tim Talenta Gridalis melaksanakan wisata edukasi ke kesejumlah lokasi. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta wawasan mereka.

Diantaranya melakukan kunjungan ke pameran Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-496.

Tak lupa, tim juga berkunjung ke Perpustakaan Daerah Indramayu. Selain  untuk melihat secara dekat keadaan perpustakaan daerah, ditempat itu Umi Nur lagi-lagi memberikan gebrakan yaitu dengan menghibahkan beberapa buku karyanya sendiri yang diserahkan kepada Ibu Kabid Perpustakaan.

BACA JUGA:Prediksi dan Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

BACA JUGA:Bulog Indramayu Jamin Stok Beras Aman, Sebanyak 227 Ribu Lebih KPM Terima Banpang Oktober 2023

“Umi Nur memang dikenal sebagai penulis buku-buku motivasi yang selalu memberikan semangat kepada guru dan siswa untuk selalu berkarya dan menulis buku. Karena menurut beliau, buku adalah warisan yang akan selalu dikenang sepanjang hayat, dengan menulis maka kita akan menjadi orang yang kreatif,” terang Novianti yang juga sebagai calon guru penggerak angkatan 9 ini.

Selama di Perpustakaan Daerah, tim Talenta Gridalis tampak antusias. Sebabnya, tidak hanya buku, namun informasi digital serta berbagai macam ilmu seperti kursus-kursus juga diadakan di perpustakaan daerah ini.

“Sangat wajar jika Ibu Bupati Indramayu Hj Nina Agustina mendapatkan anugerah penghargaan tentang literasi. Perpustakaan daerah Indramayu yang kami kunjungi sangat menarik dan bikin betah untuk belajar dan membaca di sana. Sambutan dari petugas perpustakaan sangat sopan dan ramah seperti sudah kenal lama. padahal kami baru berkunjung ke sana,” tutur guru pendamping tim talenta gridalis.

Seusai berkunjung ke Perpustakaan Daerah, Tim Talenta Gridalis melanjutkan perjalanan untuk menikmati indahnya pesisir Pantai Balongan Indah. Sebuah tempat destinasi wisata Indramayu yang begitu cantik dapat mengobati lelah dan rasa penat dalam menyelesaikan tugas-tugas tantangan literasi nusantara.

BACA JUGA:Harus Sigap Hadapi Keadaan Darurat, Pertamina RU VI Balongan Gelar Major Emergency Drill Level II

Disana, seluruh siswa peserta talenta menikmati indahnya pantai dan berimajinasi melalui lukisan-lukisan pasir yang sangat bersahabat dengan jiwa anak-anak. Mereka tampak gembira. Bercanda dan tertawa. Keceriaan mereka terlihat begitu lepas di tengah kepenatan mereka dalam berliterasi. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: