Inilah 5 Kabupaten Penghasil Beras Terbanyak di Indonesia, Peringkat 1 Indramayu

Inilah 5 Kabupaten Penghasil Beras Terbanyak di Indonesia, Peringkat 1 Indramayu

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina saat mengecek kualitas beras di gudang Bulog Indramayu, belum lama ini. Indramayu jadi lumbung padi nasional dan produsen beras terbanyak.-DOK/RADARINDRAMAYU-

 

RADARINDRAMAYU.ID - Sebagai negara agraris, Indonesia telah lama dikenal sebagai produsen padi terkemuka. Namun, pertanyaannya adalah, kabupaten mana yang memimpin dalam produksi padi di tingkat nasional?

Sebelum menjawab itu, perlu diketahui bahwa Kementerian Pertanian (Kementan) terus berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas padi, dengan tujuan memperkuat ketahanan beras nasional. 

Pendekatan modern dan kelembagaan berbasis korporasi telah menjadi fokus untuk mengubah sektor pertanian di seluruh daerah menjadi lumbung pangan, terutama dalam hal produksi beras.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis dengan menggunakan Kerangka Sampel Area (KSA), produksi padi tahun 2020 dan potensi Januari hingga April 2021 mengalami kenaikan. 

BACA JUGA:3+ Manfaat Minyak Ziatun untuk Atasi Flek Hitam dan Kerutan di Wajah, Begini Cara Pakainya yang Tepat

Dibandingkan dengan tahun 2019, produksi padi tahun 2020 mengalami peningkatan sebesar 45,17 ribu ton atau 0,08 persen, mencapai 54,65 juta ton gabah kering giling (GKG).

Sedangkan, berdasarkan data BPS, tercatat 25 Kabupaten di Indonesia sebagai produsen beras tertinggi. Berikut adalah lima kabupaten teratas:

1. Kabupaten Indramayu 

Kabupaten Indramayu memimpin dalam produksi beras nasional. Dengan luas panen padi mencapai 226.626 hektare (ha), produksi yang dihasilkan adalah sebanyak 1.363.312 ton GKG atau setara dengan 782.132 ton beras. 

BACA JUGA:Kirab Tunggul dan Pataka, Bupati Nina Peringati Hari Jadi Ke-496 Indramayu dengan Naik Kereta Kencana

Tahun 2022, produksi padi di Kabupaten Indramayu bahkan naik menjadi 1,499 juta ton. Hal ini menegaskan peran pentingnya Indramayu sebagai andalan produksi padi di Jawa Barat dan tingkat nasional. Bahkan Indramayu dinyatakan sebagai lumbung padi nasional.

2. Kabupaten Karawang 

Kabupaten Karawang, juga berada di Provinsi Jawa Barat, menempati posisi kedua dalam produksi beras tertinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: