Seratus Persen Lulus Uji Kompetensi Nasional, 229 Mahasiswa STIKes Indramayu Diwisuda

Seratus Persen Lulus Uji Kompetensi Nasional, 229 Mahasiswa STIKes Indramayu Diwisuda

PENGHARGAAN: Ketua Yasinda Nur Rokhim Satria Nugraha SKom memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik, Sabtu (23/9). -Adun Sastra-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - SekolahTinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Indramayu menggelar Sidang Terbuka Senat Wisuda XXIII dan Angkat Sumpah Program Profesi dan Sarjana Tahun 2023, Sabtu (23/9), di Aula PGRI Indramayu.

Sebanyak 229 wisudawan dan wisudawati telah dilantik dan diangkat sumpahnya, yang terdiri dari Program Ners, S1 Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kebidanan Reguler dan Non Reguler.
Ketua STIKes Indramayu Riyanto SKep Ns MKep menjelaskan, mereka yang diwisuda telah dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar bidan dan sarjana keperawatan. Bahkan, kata dia, semua lulusan baik tenaga bidan dan keperawatan telah dinyatakan lulus dalam mengikuti uji kompetensi nasional.

“Alhamdulillah uji kompetensi yang diikuti oleh tenaga bidan dan perawat telah dinyatakan lulus mencapai angka 100 persen kompeten,” ujar Riyanto seraya menyampaikan selamat kepada wisudawati yang dinyatakan cumlaude dan para wisudawan dan wisudawati lainnya.

Menurutnya, lulusan yang diwisuda merupakan bagian dari Sumber Daya Kesehatan Bidang Profesi Ners, Sarjana Keperawatan, Sarjana Kesehatan Masyarakat dan Sarjana Kebidanan yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya.

BACA JUGA:Demo Ratusan Petani Indramayu, Tuntut Pemerintah Lakukan Reforma Agraria

“Dengan diwisudanya sejumlah 229 orang lulusan pada hari ini (Sabtu), maka sampai tahun ini STIKes Indramayu telah menghasilkan lulusan sebanyak 3209 orang terdiri dari PSSK sebanyak 994 lulusan, PSSKM sebanyak 345 lulusan, D3 Kebidanan sebanyak 1137, Sarjana Kebidanan 66 lulusan , Ners sebanyak 619 lulusan, dan Profesi Bidan 20 lulusan,” ungkapnya.

Para lulusan tersebut, ungkap Riyanto, telah tersebar bekerja di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai luar negeri di antaranya di Jepang, Australia, Belanda, Kanada, Taiwan, Malaysia dan Saudi Arabia sebagai tenaga profesional kesehatan.

Atas capaian itu, pihaknya juga mengucapkan terima kasih Kepala LLDIKTI Wilayah IV yang telah memberi bimbingan pembinaan selama ini, dengan selalu membina, mengawasi, serta mengendalikan dengan sangat baik, dalam penyelenggaraan proses pendidikan.

Pria berkacamata itu juga mengucapkan terima kasih atas bantuan beasiswa kepada mahasiswa dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada tahun akademik 2023/2024 sebanyak 10 orang, sehingga total mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah sebanyak 71 mahasiswa. Selain itu, beasiswa Uang Kuliah Tetap (UKT) bagi mahasiswa STIKes Indramayu sebanyak 110 orang pada tahun akademik 2021/2022.

BACA JUGA:Global Factory Yamaha Indonesia Dipilih Jadi Basis Produksi MT-07

Riyanto juga bersyukur karena sejak awal pemeringkatan dari tahun 2016, STIKes Indramayu selalu bisa memperbaiki peringkat, dan pada Tahun 2022 ini STIKes Indramayu ada pada peringkat 381 nasional diantara lebih dari 2000 perguruan tinggi penyelenggara prodi akademik dan profesi di Indonesia.

“Sebagaimana dinyatakan oleh beberapa asesor dua bulan yang lalu bahwa STIKes Indramayu adalah perguruan tinggi swasta yang terbaik untuk perguruan tinggi swasta yang menyelenggarakan program pendidikan sarjana dan profesi di wilayah Indramayu, Cirebon dan Majalengka,” bebernya.

Yang terbaru, lanjutnya, pada bulan Juli tahun 2023 Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat telah mendapatkan SK Akreditasi dengan hasil akreditasi Baik Sekali (350), hanya kurang 11 poin lagi menuju akreditasi unggul.

Dari aspek legalitas, sambungnya, STIKes Indramayu legal menyelenggarakan proses pendidikan dan mengeluarkan ijazah karena perguruan tinggi dan semua program studinya telah terakreditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: