Wisuda Pertama, ITPB Cetak Lulusan Berkarakter, Unggul, dan Berdaya Saing di Era Digital

Wisuda Pertama, ITPB Cetak Lulusan Berkarakter, Unggul, dan Berdaya Saing di Era Digital

DibuKa: para senat sidang terbuka membuka rangkaian kegiatan wisuda lulusan iTpb Tahun akademik 2022/ 2023.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  - Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) sukses menghelat wisuda pertama tahun akademik 2022/2023, Selasa (12/9).

Sebanyak 297 lulusan dari 3 Program Studi (Prodi) diwisuda, dengan rincian Prodi Teknik Perminyakan sebanyak 122 orang, Prodi Fire and Safety sebanyak 139 orang, dan Prodi Teknik Kimia sebanyak 36 orang.

Bertempat di Ball Room Hotel Aston Cirebon, para wisudawan dan wisudawati terlihat antusias mengikuti prosesi wisuda yang disaksikan keluarga mereka.

Rektor Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) Dr Hj Hanifah Handayani MT mengatakan, dengan diwisudanya lulusan ITPB lengkap sudah kompetensi sebagai seorang ahli madya.

BACA JUGA:Polisi dan Ratusan Massa Terlibat Bentrok di Sport Center Indramayu, Oh Ternyata..

Dikatakan Hanifah, menghadapi persaingan yang sangat kompetitif, ITPB terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan.

“Kami juga bekali dengan penguatan karakter dan program unggulan bagi mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, keterampilan dan praktik di dunia industri, sehingga mempunyai kemampuan yang lebih, untuk menjawab tantangan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri,” ujarnya  

Lebih lanjut, dikatakan Hanifah, sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, mulai tahun ajaran 2022-2023 Akamigas Balongan telah bermetamorfosis menjadi Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) yang siap menerima calon mahasiswa baru Fakultas Teknik untuk 3 Program Studi (Prodi) S1 diantaranya Prodi Teknik Perminyakan, Prodi Rekayasa dan Keselamatan Kerja, dan Prodi Teknik Lingkungan.

Dikatakan Hanifah, Program Studi di ITPB dikembangkan berdasarkan kebutuhan sektor industri dan mengikuti  kebijakan Kemendikbudristek agar menghasilkan lulusan yang kompeten.

BACA JUGA:Catat Sejarah! Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 Qatar

Ditegaskannya, ITPB terus melakukan upaya perbaikan guna meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia, memberikan materi perkuliahan terbaik dengan mengkombinasikan tenaga pengajar yang telah berpengalaman dan tersertifikasi dengan tenaga pengajar praktisi dari dunia industri.

“Kami juga bekerjasama dengan University Teknologi Petronas, Universitas Pertamina, Okayama University, Universitas Sahid, PT Polytama Propindo, Basarnas, PT Mitra Mandiri Sakti Tama, Indonesia Qatar dan Kuwait Business Council dan kerja sama lainnya. Ini menjadikan ITPB sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen mencetak sumber daya manusia berdaya saing tinggi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Bina Islami Indramayu Dr H Nahdudin Islami MSi MPd mengungkapkan rasa syukurnya atas perubahan yang dialami pendidikan tinggi dalam naungan Yayasan Bina Islami Indramayu yang sebelumnya bernama Akamigas Balongan, sekarang berubah nama menjadi Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB).

Selama ini, kata Nahdudin, telah meluluskan ahli madya profesional di bidang Teknik Perminyakan, Fire and Safety, dan Teknik Kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: