Dilantik, Anggota PAW Panwaslucam Diminta Cepat Beradaptasi, Diingatkan Soal Pakta Integritas

Dilantik, Anggota PAW Panwaslucam Diminta Cepat Beradaptasi, Diingatkan Soal Pakta Integritas

DILANTIK – Ketua Bawaslu Indramayu, Ahmad Tabroni melantik dua anggota PAW Panwaslucam Anjatand dan Arahan, kemarin.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Dua anggota Pengganti Antar Waktu (PAW) Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) resmi dilantik.

Keduanya adalah Ngarip Ngajid, Panwaslu Kecamatan Arahan dan Darsim Panwaslu Kecamatan Anjatan.

Ngarip Ngajid serta Darsim menggantikan Mohamad Saprudin dan Ivan Sagito yang saat ini menjabat anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu periode 2023–2028.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah bertempat di Kantor Sekretariat Gakkumdu, dilakukan Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu Ahmad Tabroni, kemarin (8/9).

BACA JUGA:Tekan Biaya Makan, Konsumen Beralih Beli Beras Menyan

BACA JUGA:Diduga Depresi, Warga Warukawung Tewas Gandir

Pasca prosesi, keduanya diminta untuk segera melakukan adaptasi dengan anggota yang sudah dilantik sebelumnya.

“Setelah ini saudara-saudara harus segera beradaptasi dan bisa langsung bekerjasama dengan anggota Panwaslucam yang lain. Sebab, tahapan terus berjalan,” kata Ahmad Tabaroni.

Ia juga meminta anggota terlantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya mengacu pada undang-undang, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dan Peraturan Bawaslu (Perbawaslu). Terutama, kata dia, dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan.

“Pedoman kita itu kan Perbawaslu dengan PKPU, apa yang menjadi dasar itu kemudian kita jalankan amanat kerja-kerja pengawasan, agar bisa berjalan dengan kesesuaian,” jelasnya.

BACA JUGA:Tiga Pengedar Obat Terlarang di Indramayu Diamankan Polisi

BACA JUGA:Kampung Literasi Perpustakaan S16 Luncurkan Pusmolis 

Sementara itu, Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat, Mohamad Saprudin meminta anggota PAW Panwaslucam yang baru dilantik menjalankan dengan sungguh-sungguh pakta integritas yang dibacakan dalam pelantikan.

“Pakta integritas itu agar bisa diingat-ingat dan internalisasikan ke dalam diri teman-teman, karena percuma hanya dibaca pada saat sermoni selanjutnya diabaikan,” pinta dia.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Dede Irawan menambahkan, anggota PAW Panwaslucam terlantik diingatkan perihal kerja-kerja pengawasan.

Menurutnya, kerja-kerja pengawasan bukan hanya pekerjaan administratif tapi juga kerjasama tim dan kerja-kerja strategis. Oleh karena itu, keduanya harus bisa segera bekerjasama dan memetakan kerawanan.

BACA JUGA:Jelang Laga Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan. Menunggu Strategi Shin Tae Yong

BACA JUGA:Pemilihan Kuwu Serentak di Kabupaten Indramayu Ditunda, Setelah Pelantikan Bupati dan Presiden Baru

Hal ini, lanjut Dede Irwan, dikarenakan tahapan Pemilu sudah masuk dalam tahapan DPTb dan tahapan DCS yang mempunyai potensi kerawanan berbeda-beda.

“Mohon euforia pelantikan ini sampai sini saja, nanti cepat bekerja sama, segera petakan dan lakukan kerja-kerja pengawasan yang tepat dengan PKD, karena tidak ada waktu lagi sebentar lagi Oktober, akan ada pengajuan pendaftaran calon Presiden, DCT dan sebagainya,” tandasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: