Kerjasama Warga Binaan Lapas Kelas IIB Indramayu Bisa Kuliah Gratis

Kerjasama Warga Binaan Lapas Kelas IIB Indramayu Bisa Kuliah Gratis

MoU: Lapas Kelas IIB Indramayu jalin kerjasama dengan STIDKI NU Indramayu dalam meningkatkan SDM binaan lapas, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Indramayu, memberikan beasiswa kepada sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk bisa kuliah gratis hingga jenjang Sarjana (S1).

Perkuliahan akan digelar bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Nahdhatul Ulama (STIDKI NU) Indramayu.

Kepala Lapas Indramayu Beni Hidayat mengatakan, kerjasama ini dilakukan demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) bagi WBP di Lapas Kelas IIB Indramayu.

"Kerjasama ini merupakan bagian dari penyelenggaraan pembinaan oleh Lapas Kelas IIB Indramayu yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas SDM dan IPM bagi para WBP," ujar Beni, kepada Radar Indramayu, Jumat (8/9).

BACA JUGA:Bupati Nina, PPPI  Ikut Berkontribusi Naikan IPM Di Sektor Pendidikan

BACA JUGA:Bupati Nina Berhasil Dorong Pemberdayaan UMKM Melalui Program Peri dan Kruwcil

Beni menyampaikan tidak seluruh WBP dapat mengikuti program ini karena terdapat beberapa persyaratan yang diterapkan. Salah satunya yang bersangkutan harus memiliki ijazah SMA.

"Secara teknis nanti kita akan bicarakan, kita akan asestmen dulu yang bersangkutan bagaimana, lulusan SMA sesuai kriteria, selain itu ada hak dan kewajiban dari perjanjian ini yang harus kita selesaikan," ujarnya.

Dikatakan Beni, Lapas Kelas IIB Idramayu sendiri terdapat sekitar 300 WBP lulusan SMA yang memiliki potensi untuk mengikuti program jenjang sarjana. dengan terjalinnya kerjasama tersebut menjadi modal bagi WBP yang mengikuti kegiatan perkuliahan, agar setelah selesai menjalani masa pidana dapat menyandang gelar sarjana.

"Jadi WBP yang lulus SMA ini ada potensi untuk ikut program jenjang sarjana," tuturnya.

BACA JUGA:Tour de Walisongo, Cak Imin Sholat Jumat dan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon

BACA JUGA:200 Peserta Adu Kemampuan Diajang MTQ Anjatan

Sementara itu, ketua STIDKI NU Indramayu, Supendi Sami'an, mengatakan, kerjasama yang terjalin antara Lapas Indramayu dengan STIDKI NU ini membuka kesempatan yang luas bagi warga binaan di Lapas Indramayu untuk mengenyam pendidikan perkuliahan jenjang S1 secara gratis.

"Perjanjian kerjasama yang dijalin merupakan penyelenggaraan perkuliahan serta memberikan kesempatan mengikuti perkuliahan bagi petugas dan warga binaan secara gratis melalui program Beasiswa," ujarnya.

Supendi menambahkan, sistem pembelajaran akan dilakukan secara offline namun berbasis teknologi dan tetap bertranformasi dengan peradaban yang saat ini sedang trend. "Sistem perkuliahan nanti, para dosen akan datang ke lapas untuk mengajar," katanya. (oni)

BACA JUGA:Sukses Dihelat, MTQ Kecamatan Anjatan Catat Rekor Peserta Terbanyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: