Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Bakesbangpol Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Bakesbangpol gelar sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Indramayu melaksanakan kegiatan kebijakan teknis dan pemantapan pelaksanaan bidang pendidikan politik yang diselenggarakan di Aula SMA Negeri 1 Indramayu, Rabu 30 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para siswa dan siswi dari 53 sekolah menengah atas dan sederajat yang berada pada Daerah Pemilihan I (Dapil I) Kabupaten Indramayu.

Sosialisasi Pendidikan Politik bagi pemilih pemula tersebut sebagai upaya meningkatkan “Peranan Generasi Muda Dalam Memperkuat Demokrasi Guna Menyukseskan Pemilu Dan Pilkada serta Pileg 2024”.

Hadir Plt Kepala Bakesbangpol Indramayu, Suwenda memberikan sambutan serta membuka kegiatan. Selain itu hadir pula Kepala Bidang Politik Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol, Agus Rohani, Perwakilan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Indramayu, Perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu, Dewi Nurmalasari, Perwakilan Bawaslu Indramayu, Ivan Sagito dan Sekretaris Ketua Pengadilan Agama, Nurul Hakim.

BACA JUGA:Prediksi Pertandingan Persija vs Persib Bandung, Persib Sedang Dalam Trend Positif

BACA JUGA:Ormas Oi: Jangan Pilih Calon Dewan Perusak Pohon

Dalam sambutannya, Plt Kepala Bakesbangpol, Suwenda mengharapkan agar kehadiran para siswa dan siswi tersebut dapat memahami dan menyampaikan hasil materi sosialisasi tersebut kepada teman-teman melalui OSIS, keluarga dan saudaranya.

“Mohon nanti rekan-rekan, dapat paham dan dapat di sebarluaskan hasil kehadiran adik-adik di sini kepada teman-temannya, keluarganya dan saudara-saudaranya,” harapnya.

Selanjutnya perwakilan dari KPU Indramayu, Dewi Nurmalasari menjelaskan terkait siswa-siswi yang baru memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam melakukan pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara daring.

“Untuk adik-adik yang mau mengecek data dirinya sudah menjadi DPT atau belum, bisa melalui cekdptonline.kpu.go.id dengan memasukkan NIK-nya,” ujarnya.

BACA JUGA:Jadi Pemicu Tindak Pidana, Kapolres Nyatakan Perang Terhadap Miras

BACA JUGA:Aktivis Lingkungan Ancam Viralkan Baliho Bacaleg yang Dipaku di Pohon

Kemudian perwakilan Bawaslu Indramayu, Ivan Sagito menjelaskan peranan dan tugas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merupakan mengawasi keseluruhan jalannya pelaksanaan Pemilu.

Sekretaris Pengadilan Agama, Nurul Hakim juga menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut. Nurul Hakim berpesan agar para pelajar selaku generasi muda di Indramayu memiliki sikap yang dapat memperkuat demokrasi.

“Sikap generasi muda khususnya di Indramayu ini dapat perkuat demokrasi dengan menyukseskan Pilkada dan Pemilu 2024, Ingat Golput bukan solusi dan suara adik-adik dapat menentukan masa depan bangsa,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: