Usung Konsep Peduli Lingkungan Semarakkan Milad Ke-30 SMAN 1 Anjatan

Usung Konsep Peduli Lingkungan Semarakkan Milad Ke-30 SMAN 1 Anjatan

MILAD KE-30 TAHUN - Daryam Spd MPd memotong nasi tumpeng saat puncak peringatan Ied Milad SMAN 1 Anjatan ke-30 yang mengusung konsep peduli lingkungan, Rabu (23/8).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

ANJATAN, RADARINDRAMAYU.ID – SMA Negeri 1 Anjatan (Smanja) memperingati hari jadinya yang ke-30 tahun.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, acara Dies Natalis disekolah yang berdiri pada 23 Agustus 1993 itu mengusung konsep peduli lingkungan.

Bertajuk ‘Stay Fest 2 Argatsani’, rangkaian kegiatan menyemarakkan milad Smanja sekaligus HUT RI yang ke-78 yang dihelat selama dua hari, Senin-Selasa, (22-23/8) diisi beragam event.

Mulai dari lomba kebersihan, pemutaran film dokumenter bertemakan pelestarian lingkungan hidup, seminar, bazzar kuliner, lomba rakyat, pentas kreativitas seni siswa dan yang paling semarak yakni fashion show.

 BACA JUGA:Petugas Damkar Berusaha Padamkan Api yang Membakar Pabrik Pengolahan Daun Cengkeh di Sangkanerang Kuningan

BACA JUGA:Viral Mobil Boks Terguling yang Bermuatan Susu Dijarah Warga, Begini Klarifikasi Kasat Lantas Polres Indramayu

Bila lazimnya fashion show digelar dengan baju-baju mewah, kali ini para peserta yakni siswa-siswi Smanja justru menampilkan busana hasil daur ulang sampah. Sampah-sampah itu disulap menjadi menarik di tangan pelajar kreatif.

Puncak acara diwarnai dengan doa bersama dan pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Smanja Daryam SPd MPd diatas panggung pagelaran kreativitas seni siswa serta dihalaman tengah kampus setempat, Rabu (23/8).

“Semua kegiatan diadakan oleh, dari dan untuk siswa. Sekolah mendukung dan memberi suport untuk anak-anak berkreasi yang tahun ini mengusung tema tentang lingkungan hidup,” kata Daryam.

Ia berharap, momentum Milad tahun ini ini dapat menjadi sarana edukasi khususnya kepada peserta didik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Apalagi, belakangan ini isu pencemaran lingkungan, seperti polusi dan sampah sudah tak terbendung lagi.

Dalam kesempatan itu pula, Daryam menyatakan, yang terasa istimewa dari acara ied Milad ke-30 tahun 2023 ini yaitu terus bertambahnya prestasi yang dicapai seluruh civitas akademika mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

 BACA JUGA:Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Ketahanan Pangan Digital Desa, Bangkitkan Kembali Kearifan Lokal

BACA JUGA:Wajah Cantik Situ Bagendit, Hadirkan Fungsi Ekologis dan Sosial

Terbanggakan adalah sebanyak 28 lulusan XII IPA dan IPS Smanja tahun pelajaran 2022/2023 lalu, berhasil diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mereka sukses menembus ketatnya persaingan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2023.

Dari ke-28 lulusan itu, 3 diantaranya masuk PTN favorit yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Sementara 25 siswa-siswi lainnya diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Univeritas Brawijaya, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Negeri Semarang, Univeritas Jenderal Sudirman, Politeknik Negeri Subang dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dengan pencapaian ini, Smanja menjadi sekolah SMA terbanyak kedua di Kabupaten Indramayu yang menyumbangkan siswanya lolos ke PTN melalui jalur SNMPTN 2022. Mengungguli sekolah-sekolah favaorit lain diwilayah Indramayu Kota dan sekitarnya.

 BACA JUGA:Gaya Classy Yamaha Rayakan Kemerdekan Indonesia Bersama Komunitas Wanita Girls Day Out

BACA JUGA:PLN ULP Haurgeulis Nyalakan Listrik Rumah Warga Penerima Bantuan Program Light Up The Dream

Daryam bertekad, jumlah lulusan Smanja yang diterima di PTN harus terus bertambah. “Kemarin kami baru melaksanakan study banding ke salah satu SMA Negeri di Yogyakarta. Kita belajar disana, meniru strategi untuk diterapkan di Smanja supaya lulusan disekolah kita yang diterima di PTN bisa lebih meningkat lagi,” terangnya.

Sementara itu, hadir dalam perayaan, Kepala KCD Wilayah 9 Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd memberikan selamat kepada keluarga besar Smanja.

Ia juga berdoa, seluruh civitas akademika diberikan kesuksesan. Peserta didik menjadi anak-anak yang pintar, cerdas dan menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan. “Kebanggaan sekolah dan guru tentu bisa mendidik anak-anak menjadi orang yang sukses, pemimpin masa depan yang berguna bagi dirinya dan bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: