Dorong Pemkab Anggarkan Bantuan Pemberdayaan Ormas-LSM

Dorong Pemkab Anggarkan Bantuan Pemberdayaan Ormas-LSM

JAGA KONDUSIFITAS – Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H Syaefudin SH bersama perwakilan Ormas dan LSM saat menghadiri acara pembukaan Rakerdis DPD LSM GMBI Distrik Indramayu bertempat di GOR Habitat Lempuyang, Kecamatan Anjatan, akhir pekan kemarin.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

ANJATAN, RADARINDRAMAYU.ID – Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H Syaefudin SH mendorong pemerintah daerah untuk menganggarkan bantuan bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian sekaligus pemberdayaan terhadap keberadaan institusi non pemerintah tersebut agar dapat menjalankan perannya dengan baik.

Apalagi, jumlah Ormas dan LSM di Kabupaten Indramayu cukup banyak. Berdasarkan daftar yang ada di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Indramayu, jumlahnya mencapai 148 organisasi.

“Silahkan Pemda melalui Kesbangpol ajukan anggaran untuk pemberdayaan Ormas maupun LSM. Kita akan dukung. Jadi jangan sampai 148 organisasi ini hanya terdaftar saja, tapi bagaimana Pemda hadir memberikan perhatian. Minimal berikan bantuan anggaran untuk pembelian ATK,” terang dia saat menghadiri acara pembukaan Rakerdis DPD LSM GMBI Distrik Indramayu bertempat di GOR Habitat Lempuyang, Kecamatan Anjatan, akhir pekan kemarin.

BACA JUGA:HUT Ke-3 Tahun Kopi Janji Jiwa Haurgeulis, Terus Bertumbuh Menjadi Destinasi Wisata Keluarga Terbaik

BACA JUGA:Kejari Cirebon Musnahkan Barang Bukti

Menurut Syaefudin, Ormas-LSM memiliki penting dalam pembangunan kemasyarakatan dan bisa menjadi mitra strategis pemerintah daerah.

Mereka secara swadaya dan gotong royong kerap memberikan bantuan sosial, kemanusiaan, pelayanan dan pendampingan langsung kepada masyarakat.

Hingga melakukan pengawasan, kontrol dengan melakukan kritik terhadap pelaksanaan kebijakan atau program pemerintah.

Sehingga alasan dana itu perlu ada, untuk memacu peran Ormas maupun LSM sesuai tugas, pokok dan fungsinya.

BACA JUGA:Program Aspirasi Anggota DPR RI Dedi Wahidi, Gelontorkan Ratusan Miliar untuk Pembangunan Desa

BACA JUGA:3 Bocah Jadi Korban Pencabulan, Kini Pelaku Ditahan dan Hukuman Penjara 15 Tahun

“Walau saya yakini, tanpa bantuan dari pemerintah pun, teman-teman Ormas dan LSM ini tetap bisa hidup. Tapi bukan itu persoalannya. Tapi bagaimana pemerintah memberikan perhatian terhadap aset daerah ini,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pula, Syaefudin mengajak Ormas dan LSM untuk menjaga kondusifitas daerah selama pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024. Membantu menangkal, meluruskan berita yang tidak benar atau hoaks yang beredar di masyarakat.

"Memasuki tahun politik ini mari kita jaga kerukunan dan kesatuan, meskipun beda pilihan," tandasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: