Ratusan Peserta Ikuti Jambore Kwarran Lohbener 

Ratusan Peserta Ikuti Jambore Kwarran Lohbener 

JAMBORE: Ratusan peserta dari tingkat penggalang ikuti Perkemahan Jambore Kwarran Lohbener 2023 berlokasi di Lapangan Bola Krasak Pulo, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

LOHBENER, RADARINDRAMAYU.ID – Berbagai kegiatan dilakukan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka pada peringatan Hari Pramuka, seperti yang dilakukan Kwartir Ranting (Kwarran) Lohbener yang menggelar Perkemahan Jambore Ranting Kwarran Lohbener yang berlangsung selama 3 hari yakni sejak tanggal 13-15 Agustus 2023.

Pada kegiatan yang bertempat di Lapangan Bola Krasak Pulo itu, dihadiri secara langsung oleh Ketua Kwarcab Indramayu Drs H Jajang Sudrajat, beserta pengurus Kwarcab lainnya, dibuka oleh Camat Lohbener H Mardono SE MSi.

Jambore itu di ikuti oleh tingkat SD/ MI sekecamatan Lohbener tingkat penggalang sebanyak 30 regu putra sejumlah 270 peserta, 29 regu putri sejumlah 261 peserta, dan SMP/ MTs se Kecamatan Lohbener tingkat penggalang sebanyak 3 regu putra sejumlah 27 peserta, dan 4 regu putri sejumlah 36 peserta. Sehingga peserta jambore untuk tingkat SD/ MI sebanyak 531 peserta, dan tingkat SMP/ MTs sebanyak 63 peserta.

Ketua panitia Jambore Kwarran Lohbener Kak Syafi'i Imanudin pada Radar Indramayu, mengatakan selain di ikuti peserta tingkat penggalang, Jambore juga di ikuti oleh anggota dewan kerja 31 anggota, dan pengurus andalan 10 anggota, sehingga yang ikut Jambore Kwarran Lohbener tahun ini sebanyak 635 peserta.

BACA JUGA:Harga Gabah dan Beras Naik, Petani Senang Meskipun Panen hampir Gagal karena Serangan Hama Tikus

BACA JUGA:DPRD Bersama Bupati Nina Sepakati KUA-PPAS 2024 dan KUPA-PPAS APBD 2023

Dikatakan Kak Syafi'i kegiatan Jambore merupakan kegiatan rekreatif edukatif dialam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada pengembangan diri peserta. "Bidang mental,  fisik, intelektual, spiritual, dan sosial baik sebagai individu maupun anggota masyarakat," ujarnya.

Dalam pelaksanaan perkemahan jambore Kwarran Lohbener itu sebagai amanat musyawarah ranting dalam rangka untuk mencapai tujuan gerakan pramuka di Kecamatan Lohbener khususnya umumnya di Kabupaten Indramayu. Sekaligus untuk menumbuhkan rasa kebangsaan yang ber bhineka tunggal ika serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketakwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa pancasila.

"Jambore kali ini kami ambil tema ceria gembira, berdedikasi, dan Bermartabat, dan mottonya Satyaku Kudharmakan dharmaku ku baktikan, tekad jambore ranting kwartir ranting lohbener satu merah putih satu Indonesia untuk satu pramuka," ujar Kak Syafi'i.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Indramayu Kak Jajang Sudrajat mengatakan pihaknya telah melakukan monitoring kepada seluruh Kwarran di Kabupaten Indramayu, pada peringatan Hari Pramuka Nasional semuanya melaksanakan kegiatan mulai dari Jambore, Lomba Tingkat, sampai latihan regu.

BACA JUGA:HUT ke -62 Pramuka, Diikuti 1.280 Peserta Bertekad Bentuk Generasi Berkarakter di Kwaran Anjatan

BACA JUGA:Semarak Kemerdekaan, Koramil 1604 Jatibarang Gelar Danramil Cup 2023

Ia mengapresiasi kegiatan perkemahan jambore yang diadakan Kwarran Lohbener, melalui kegiatan itu peserta dapat melatih kemandiriannya serta menjadi pribadi yang disiplin, mental kuat, berintelektual, spiritual, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama.


"Dibaluti berbagai kegiatan tapi satu tujuan yaitu membentuk karakter generasi muda, yang cinta tanah air berwawasan kebangsaan, kebhinekaan, dengan kegiatan yang edukatif dan menyenangkan," tuturnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: