Penting Bagi Mom yang Lagi Menyusui, 3 Cara Agar ASI Lancar!

Penting Bagi Mom yang Lagi Menyusui, 3 Cara Agar ASI Lancar!

Ilustrasi-Ist-Radar indramayu

RADARINDRAMAYU.ID - Untuk mencegahrisiko stunting, serta menjaga tumbuh kembangnya bayi. Maka itu Mom yang lagi menyusui harus  memperhatikan kelancaran ASInya.

ASI merupakan asupan penting bagi bayi berusia 0-6 bulan. Nutrisi ASI yang didapat oleh gizi bagi Mom berfungsi untuk membentuk daya tahan tubuh bayi.

Oleh karena itu, Mom  yang tengah aktif menyusui perlu mengetahui apa penyebab ASI tersendat, dan bagaimana cara melancarkan ASI. Simak artikel ini untuk informasi selengkapnya, yuk!

Tidak sedikit Mom yang mengalami stres dan frustrasi karena ASI yang tidak lancar.  Dan perlu tahu penyebab ASI tersumbat dengan faktor seperti berikut:

BACA JUGA:Pengen Menyembunyikan Status Mengetik di GB WhatsApp Olkimunesa, Ini Dia 6 Caranya

BACA JUGA:Hasil Sidang Kasasi MA, Ferdy Sambo Tak Jadi Dihukum Mati

- Kondisi kesehatan

Jumlah ASI dapat berkurang karena kondisi kesehatan yang sudah diderita dari sebelum dan sesudah melahirkan. Gangguan yang dapat membuat ASI tidak lancar adalah tekanan darah tinggi, pendarahan pasca melahirkan, operasi payudara, ketidakseimbangan tiroid, sampai sindrom PCOS. 

-  Sugesti ibu jika ASI mereka tidak cukup

Dikutip oleh International Breastfeeding Journal, maksimal 75% ibu meyakini bahwa dirinya tidak mampu mencukupi ASI. Dengan sugesti kepercayaan diri, ternyata ibu berhasil menghasilkan ASI yang lebih banyak. 

3. tips cara melancarkan ASI yang tersumbat

1. Menyusui 8-16 kali sehari

Faktanya, dalam 24 jam bayi menyusu dalam 8-16 kali sehari. Untuk itu, ibu bisa merangsang kaki dan membelai kepalanya saat posisi bayi sudah siap maupun belum untuk menerima ASI. dengan sering memberi ASI setiap 2-3 jam, produksi ASI akan melimpah dan terjaga hingga nanti. 

BACA JUGA:Geger, Ular Piton Masuk Halaman Rumah Warga, Petugas Damkar Berhasil Evakuasi sampai Dini Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: