Gegara Puntung Rokok, Warung Kosong Ludes Terbakar

Gegara Puntung Rokok, Warung Kosong Ludes Terbakar

LUDES TERBAKAR– Kebakaran menimpa warung kosong di Desa Karangtumaritis, Kecamatan Haurgeulis, Selasa (8/8). Kebakaran diduga dipicu oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

HAURGEULIS, RADARINDRAMAYU.ID - Sebuah warung yang berlokasi Blok Karangsambung RT 15 RW 07 Desa Karangtumaritis, Kecamatan Haurgeulis, terbakar hebat, Selasa (8/8).

Api yang melalap warung kosong milik Kadma (70) warga setempat hingga rata dengan tanah itu diduga dipicu oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya kerugian materill ditaksir mencapai Rp10 juta.

Kobaran api berhasil dikendalikan dan dapat segera dipadamkan oleh warga dibantu anggota Polri dan TNI dengan cara bergotong royong.

Petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Kabupaten Indramayu juga terjun menjinakkan si jago merah agar tidak sampai merambat ke lokasi lain.

BACA JUGA:Siap-siap Mulai September Negara Buka Lowongan Kerja, Buruan Daftar!

BACA JUGA:Dua Tahun Pemkab Indramayu Selesaikan 3.090 Aduan I-Ceta

Kapolres Indramayu, AKBP Dr M Fahri Siregar SH SIK MH melalui Kapolsek Haurgeulis, AKP H Cartono SH mengatakan, musibah kebakaran itu diketahui oleh warga sekitar pukul 09.00.

Lokasi warung kosong itu berada bawah tanggul pinggir jalan arah jembatan Kali Cipunegara, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Subang.

Penyebab kebakaran diduga ada pengendara sepeda motor yang membuang puntung rokok sembarangan disekitar warung yang terdapat semak dan juga rerumputan kering.

Sehingga puntung rokok yang masih menyala, dengan cepat dan mudah merembet ke bangunan bekas warung kopi tersebut.

BACA JUGA:Prediksi Pertandingan Persib Bandung vs Persis Solo Malam Ini, Waspada Ramadhan Sananta!

BACA JUGA:Peserta Didik Baru di Al Zaytun Ternyata Masih Cukup Banyak

Kemudian warga langsung lapor ke petugas Polsek Haurgeulis. Mendapat laporan, polisi segera menghubungi Tim Damkar Unit Pantura Patrol.

“Api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan pengendara motor yang melintas didepan warung kosong. Api berhasil dipadamkan dengan kerja sama masyarakat, pamong desa, Polri, TNI dan petugas Damkar,” ujarnya.

Atas kejadian ini, Kapolsek AKP Cartono mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap bencana kebakaran. Apalagi, musim kemarau lagi puncak-puncaknya.

Tidak hanya menyasar bangunan maupun permukiman penduduk. Rerumputan atau ilalang kering juga sangat mudah terbakar di musim panas seperti saat ini.

BACA JUGA:Quo Vadis Preferensi ldeologi dan Politik Generasi Gen Z

BACA JUGA:Kang Guru Abas Bangga Produk Sandal dan Sepatu Merek ULVI'S Milik Santri

Maka dari itu untuk mencegah kebakaran, kepada warga agar tidak sembarangan membuang benda panas yang memicu api di lahan kering. “Jangan asal buang puntung rokok yang masih menyala apalagi membakar sampah di lokasi yang rawan terbakar,” katanya.

Menurutnya kewaspadaan masyarakat menghadapi musim kemarau sangatlah penting. Karena itu, warga juga diminta untuk mengecek instalasi listrik, kabel, juga alat elektronik yang dimiliki.  

“Kabel atau alat jaringan listrik harus diperiksa, kabel yang sudah lama atau tua agar dicek. Ini untuk menghindari korsleting yang berakibat pada kebakaran,” imbuhnya. (kho)

BACA JUGA:Ujian SIM Kini Jadi Lebih Mudah, Tak Ada Lagi Lintasan Angka 8 yang Bikin Gagal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: