Pemcam dan Pemdes Bersihkan Tanaman Eceng Gondok Di Saluran Sojar

Pemcam dan Pemdes Bersihkan Tanaman Eceng Gondok Di Saluran Sojar

BASMI: Masyarakat Desa Bulak dan Desa Bulak Lor Kecamatan Jatibarang melakukan penyemprotan obat pembasmi tanaman eceng yang penuhi Saluran Sojar Jatibarang, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

JATIBARANG, RADARINDRAMAYU.ID – Pemerintah Kecamatan Jatibarang bersama Pemdes Bulak dan Bulak Lor bersama-sama melakukan pembersihan tanaman eceng gondok di Saluran Sojar sepanjang 1,5 Kilometer.

Kegiatan perbersihan itu, merupakan tindak lanjut dari intruksi Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kepada Pemcam Jatibarang, bersama Pemerintah Desa Bulak dan Bulak Lor.

Kuwu Bulak  Suradi Budianto didampingi Kuwu Bulak Lor Ali Sadikin pada Radar Indramayu, Kamis (3/8), mengatakan pembersihan eceng gondong bersama pemcam merupakan bentuk sinergi antara stakeholder yang ada di wilayah Kecamatan Jatibarang, hal itu untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan rapih di sepanjang saluran sojar.

"Saat ini sementara kita lakukan tahap awal penyemprotan terlebih dulu agar tanaman eceng mati  kemudian dilakukan pembersihan pengangkatan tanaman pada Senin mendatang," ujarnya.

BACA JUGA:Imbau Petani Tak Gunakan Jebakan Tikus Beraliran Listrik

BACA JUGA:Raih 8 Penghargaan di tingkat Asia Pasifik, Contact Center PLN Lanjut e Level Global

Disampaikan Suradi dalam proses pembersihan pemerintah desa menyiapkan para kerja, Pemcam menyiapkan berbagai kebutuhan logistik dari para pekerja, ditambah ada bantuan obat pembasmi tanaman eceng gondok dari tokoh masyarakat Kecamatan Jatibarang.

"Terimakasih juga atas bantuan dari tokoh masyarakat Kecamatan Jatibarang Bang Tompul yang membantu dengan menyediakan obat untuk kegiatan penyemprotan eceng," ujarnya.

Selama 2 menjabat sebagai Kuwu Bulak, pihaknya telah melakukan kegiatan pembersihan saluran sojar sebanyak 6 kali, "Ini akan rutin ya pembersihan saluran sojar ketika dipenuhi eceng akan kami bersihkan, tentunya dengan bantuan semua liding sektor yang ada di wilayah Kecamatan Jatibarang," ujarnya.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Kecamatan Jatibarang Tompul mengatakan keikut sertaannya dalam kegiatan pembersihan saluran sojar, adalah bentuk peran sertanya memberikan kotribusi guna menciptakan suasana lingkungan yang nyaman, apalagi saluran sojar ini, menjadi saluran pembuang yang punya peranan bagi petani dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Akibat Gas Bocor, Tiga Rumah Terbakar di Jalaksana

BACA JUGA:Hilangkan Kesan Kumuh, Satpol PP Bongkar Lapak PKL di Depan Eks Kawedanan Jatibarang

"Ini kerjasama stakeholder di Kecamatan Jatibarang ya, nanti Dinas PUPR juga akan menerjunkan pekerjaanya untuk membersihkan saat tanaman eceng sudah mati, sehingga saluran ini bersih dari tanaman eceng," ujarnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: