Kenakan Batik Lokcan Khas Indramayu, Presiden Jokowi Buka Gelar Batik Nusantara

Kenakan Batik Lokcan Khas Indramayu, Presiden Jokowi Buka Gelar Batik Nusantara

Presiden Jokowi mengenakan pakaian batik Lokcan khas Indramayu saat pembukaan Gelar Batik Nusantara (GDN), Rabu 2 Agustus 2023. -istimewa-RADAR INDRAMAYU

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID – Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo, Rabu 2 Agustus 2023. Momen itu sebagai hasrat bersama untuk kebangkitan batik Indramayu.

Ada yang membanggakan, karena orang nomor satu di Indonesia tersebut terlihat  mengenakan Batik Tulis Indramayu motif Lokcan yang sangat terkenal di Indramayu.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut batik memiliki keistimewaan karena keindahan dan juga makna filosofinya.

“Batik adalah wajah kita. Batik adalah kehormatan kita, dan melalui batik tercipta lapangan kerja yang sangat banyak, jutaan orang bekerja di industri batik kita dan memberikan penghasilan dan kehidupan,” ujar Jokowi, Rabu 2 Agustus 2023.

BACA JUGA:Persib Bandung Malam Ini Menghadapi Bali United, Ujian Berat Pelatih Bojan Hodak

BACA JUGA:Dedi Wahidi : Saluran Irigasi Dangkal dan Mampet Segera Dinormalisasi

Lebih lanjut, Jokowi menyebut dengan pandemi Covid-19 yang sudah terlewati, berbagai acara internasional dan nasional sudah banyak diselenggarakan di Indonesia. Sehingga, pengrajin dan pengusaha batik punya kesempatan sangat baik untuk bangkit dan berkarya.

Sementara itu Bupati Indramayu, Nina Agustina mengatakan, dijadikannya Batik Tulis Complongan Indramayu menjadi ikon GBN merupakan suatu kehormatan yang sangat luar biasa. Momentum tersebut bisa dijadikan sebagai kebangkitan batik Indramayu untuk menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Ini sangat luar biasa, dukungan kepada Batik Tulis Complongan Indramayu mendapatkan apresiasi dari semua pihak. Ayo saatnya batik Indramayu bangkit,” kata Bupati Nina.

Seusai membuka kegiatan GBN, Presiden langsung mengunjungi stand Kabupaten Indramayu dan langsung terpikat dengan motif batik Indramayu yang didisplay bahkan motif Iwak Etong dan Sekar Niem langsung dibeli Ibu Iriana.

BACA JUGA:NAAS! Dua Petani Tewas Kesetrum Jebakan Tikus

BACA JUGA:ASRII Sujud Syukur, Santri Al Zaytun Doa Bersama

Yang tidak kalah memikat, yakni Mangga Gedong Gincu juga banyak diborong oleh pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: