Warga Sambut Baik Jembatan Gantung Bondan- Gadel 

Warga Sambut Baik Jembatan Gantung Bondan- Gadel 

AKTIVITAS: Salah satu pedagang keliling sedang melewati Jembatan Gantung yang hubungkan Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang dengan Desa Gadel Kecamatan Tukdana, kemarin-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

SUKAGUMIWANG, RADARINDRAMAYU.ID – Bisa dilewatinya jembatan gantung yang menghubungkan Blok Sapuangin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang dengan Desa Gadel Kecamatan Tukdana rupanya sangat dirasakan oleh masyarakat kedua kecamatan, pasalnya untuk menuju dua kecamatan warga harus menempuh setidaknya perjalanan selama 30 menit.

Namun hanya membutuhkan waktu 5 menit saja warga dua desa dari dua kecamatan itu bisa sampai ke tempat tujuan di Desa Bondan ataupun Desa Gadel.

Seperti yang terpantau, Jumat (21/7) banyak masyarakat dari dua Kecamatan, yakni Sukagumiwang dan Tukdana melintasi jembatan gantung, yang mayoritas merupakan pedagang keliling, selain itu banyak warga juga dari Kecanatan Tukdana datang untuk melihat Masjid Kuno Bondan.

"Alhamdulillah, sudah bisa dilewati, akses perjalanan kami sebagai warga yang dalam kesehariannya pedagang keliling lebih luas lagi untuk berjualan," ujar warga Kecamatam Sukagimiwang Tarlim (54) tahun.

BACA JUGA:Peringatan Hari Kependudukan Dunia di Indramayu, Saatnya Mewujudkan Kesetaraan Gender yang Sejati

BACA JUGA:Batal Demo, Perwakilan Asri Pilih Melakukan Audiensi dengan Polres Indramayu

Disampaikan Tarlim jembatan gantung yang merupakan program aspirasi dari anggota dewan DPR RI Bambang Hermato, itu sangat membantu kegiatan perekonomian warga, bukan saja Kecamatan Sukagumiwang, tapi Kecamatan Tukdana. Karena warga bisa dengan leluasa melewati jembatan saat beraktifitas, meskipun hanya dapat dilalui dua kendaraan dari arah yang bersamaan.

"Ya kalau warga biasa pemotor bisa lewat bersimpangan, tapi kalau pedagang keliling atau yang gunakan gerobak harus bergantian, yang jelas sangat bermanfaat," ujarnya.

Hal senada dikatakan, warga lainnya Sapta (43) sebagai tokoh masyarakat pihaknya sangat menyambut baik adanya jembatan gantung yang menghubungkan wilayah Kecamatan Sukagumiwang di Desa Bondan, dan Kecamatan Tukdana di Desa Gadel. Apalagi posisi jembatan pas sekali di Blok Sapuangin persis di samping lokasi Masjid Kuno Bondan yang merupakan masjid tertua yang ada di Kabupaten Indramayu yang berdiri diperkirakan tahun 1414 M.

"Jadi untuk warga luar Indramayu misalkan dari Majalengka yang ingin berkunjung ke Masjid tertua Masjid Kuno Bondan, dari Desa Gadel cari jembatan gantung lintasi sungai Cimanuk, keluar jembatan berjarak sekitar 100 meter langsung sampai ke lokasi Masjid Kuno Bondan," tuturnya.

BACA JUGA:Jadwal BRI Liga 1 2023/2024 Pekan ke-4 : Tantangan Berat Persib Hadapi PSM

BACA JUGA:Satpol PP Kembali Tutup Usaha Penggergajian Kayu Milik Syekh Panji Gumilang, Diduga Tak Berizin

Kemudian, bagi masyarakat Sukagumiwang yang ingin melihat lokasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa lewat jembatan gantung, masuk Kecamatan Tukdana, dan tempuh perjalanan beberapa menit langsung masuk wilayah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. "Bisa sangat mempersingkat waktu tempuh perjalanan," kata Sapta. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: