Anggota DPR RI Herman Khaeron Konsen Dukung Pengembangan UMKM

Anggota DPR RI Herman Khaeron Konsen Dukung Pengembangan UMKM

Anggota Komisi VI DPR RI, Dr HE Herman Khaeron MSi konsen dalam mendukung Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. -UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Anggota Komisi VI DPR RI, Dr HE Herman Khaeron MSi konsen dalam mendukung Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Menurutnya, UMKM merupakan jenis usaha yang semakin berkembang di Indonesia dan terbukti tahan krisis. Selain banyak menyerap tenaga kerja, UMKM juga berhasil menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Hero, sapaan akrab Herman Khaeron, saat menggelar kegiatan Sosialisasi Dana Bergulir LPDB - KUMKM Tahun 2023, di Indramayu, Jum'at 26 Juni 2023.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM tersebut mengambil tema Penguatan ketahanan pangan melalui pinjaman/pembiayaan dana bergulir kepada koperasi di Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:Tipu Calon Pekerja untuk Kerja di Jepang, Dua Orang Ini Terancam Penjara Hingga 15 Tahun

BACA JUGA:Raih ISO 22301, Bank Mandiri Pastikan Kehandalan Operasional Bisnis Berstandar Internasional dan Prinsip ESG

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu dari Indramayu yang memiliki usaha di bidang UMKM.

Hero pada kesempatan itu menjelaskan tentang pentingnya membentuk koperasi dalam rangka meningkatkan perekonomian.

Dia juga menyatakan siap membantu ibu-ibu yang sudah memiliki usaha jelas dan berjalan. Dia bahkan siap membantu dalam pembentukan koperasi bagi para pelaku UMKM.

"Kalau mereka usahanya jalan dan sudah berkelompok, saya siap membantu peralatan dan akses permodalan, " kata Hero.

BACA JUGA:Lagi Ngetren, Jawara Customaxi Ini Bikin XSR 155 Café Racer Full Fairing Versi Gen Z

BACA JUGA:Serasa Motor Valentino Rossi, Ini Sentuhan Modifikasi Pada Yamaha Aerox yang Juarai Customaxi& Yard Built 2023

Terkait masalah permodalan ini, Hero mengungkapkan bahwa saat ini dari Kementerian Koperasi dan UMKM sudah ada LPDB, yakni Lembaga Pembiayaan Dana Bergulir. Menurutnya LPDB ini lebih simple dan tidak perlu ada agunan.

Sementara itu Humas LPDB Kementerian Koperasi dan UKM, Bayu Utomo menjelaskan, untuk bisa mendapatkan bantuan modal melalui LPDB, bisa diakses di website lpdb.co.id.

Bayu menjelaskan, sampai saat ini LPDB telah menyalurkan modal bagi UMKM sebesar 16,2 triliun rupiah.

Sementara itu pembina UMKM dari Yayasan Mitra Sehati  untuk wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Indramayu, dr Hj Ratnawati MKKK, pada kesempatan itu menyampaikan tentang peran UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:Ngeri! Peredaran Narkoba Seberat 100,46 Gram Dikendalikan dari Dalam Lapas. Tersangka Pengedar Diringkus

BACA JUGA:3 Rekomendasi Hasil Bahtsul Masail PWNU Jabar Terkait Al Zaytun

Dikatakan, Yayasan Mitra Sehati sejak tahun 2009 sudah melakukan pembinaan UMKM di wilayah Cirebon hingga Indramayu. Hasilnya, jumlah UMKM dari tahun ke tahun semakin bertambah.

"UMKM terbukti mampu bertahan di tengah krisis, dan ikut membantu perekonomian Indonesia tetap stabil, " tutur istri dari Dr Herman Khaeron ini.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Hasil Bahtsul Masail PWNU Jabar Terkait Al Zaytun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: