SALUT! Krisis Air, Petani Tadah Hujan Tetap Bisa Panen Padi

SALUT! Krisis Air, Petani Tadah Hujan Tetap Bisa Panen Padi

PANEN MUSIM GADU – Petani di Desa Sanca, Kecamatan Gantar mulai panen padi musim gadu.--

GANTAR, RADARINDRAMAYU.ID – Petani disejumlah desa di wilayah Kecamatan Gantar lagi gembira.
Sebab, mereka akhirnya bisa kembali menggelar panen raya padi ditengah ancaman kekeringan yang melanda hampir semua wilayah di Kabupaten Indramayu.

Kegembiraan makin bertambah, lantaran hasil panen yang diperolehpun cukup memuaskan.
Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) BPP Kecamatan Gantar, Wahyu menyebutkan, panen padi musim gadu tahun ini baru dimulai di sebagian Desa Sanca. Tepatnya di Blok Manangga, seluas 30 hektare.

Panen padi diperkirakan berlangsung serentak pasca hari raya Idul Adha mendatang.
“Sekarang baru di Desa Sanca. Lalu berlanjut ke Desa Bantarwaru, Gantar, Mekarjaya terus ke desa lainnya disebelah utara. Kemungkinan panen raya setelah lebaran haji,” kata dia kepada Radar, Jumat (9/6).

Berdasarkan hasil ubinan di areal persawahan Desa Sanca, produksi gabah yang diperoleh rata-rata mencapai 7,2 ton perhektare. Varietas padi yang dipanen yaitu Ciherang dan Pandan Wangi.

BACA JUGA:Air Sungai Asin, Tanaman Padi Terancam Gagal Panen, Petani Tambak Sungai

BACA JUGA:Geger, Pemilik Toko Kelontong Ditembak Orang Tak Dikenal

Ini merupakan panen padi yang kedua kalinya di tahun 2023. Pada 3-4 bulan sebelumnya, petani diwilayah Kecamatan Gantar sudah melaksanakan panen padi musim rendeng. “Setahun bisa panen padi tiga kali,” sebut dia.

Setelah musim panen gadu ini, petani tidak malah menganggur. Merujuk pola tanam yang ideal, mereka akan melakukan pengeringan areal pertanian.

Kemudian baru menanam palawija yang tidak terlalu membutuhkan air. Seperti cabai, kedelai, jagung, timun dan pare untuk menambah pendapatan ekonomi.

“Petani di Gantar dan Mekarjaya biasanya tanam cabai, kalau di Sanca tanam kedelai sama jagung. Setelah palawija, nanti masuk musim rendeng, petani tanam padi lagi,” terang Wahyu. (kho)

BACA JUGA:Mulai Diterapkan di Wilayah Jabode, Seluruh Wilayah Regional JBB Implementasikan Skema Full QR

BACA JUGA:Tiga Tersangka Kasus Perdagangan Orang Diamankan, Satu Diantaranya Wanita

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: