Program Dukcapil Berkah Sentuh Masyarakat, Makasih Ibu Bupati Nina

Program Dukcapil Berkah Sentuh Masyarakat, Makasih Ibu Bupati Nina

Dua sepasang pengantin baru asal Kecamatan Arahan dan Balongan mendapat program Dukcapil Berkah oleh Bupati Nina. Keduanya langsung dapat KK dan KTP Elektronik gratis-Adun Sastra-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID –Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA bertekad meningkatkan  pelayanan priima tentang data administrasi  kependudukan kepada masyarakat. Salah satunya program Dukcapil Berkah.

Hal ini sebagai bentuk inovasi terhadap layanan masyarakat. Sasarannya adalah calon pasangan pengantin baru yang akan melangsungkan pernikahan.

Seperti yang dialami dua pasangan calon  pengantin yang mendapat program Dukcapil Berkah. Mereka adalah Abdul Qori dan Kudrotun Anisa serta Cecep Bahrudin Holfa dan Neneng Alfiyani.

Abdul Qori dan Kudrotin Anisa yang melangsungkan pernikahan di kediamannya di Desa Pranggong RT 08/02, Kecamatan Arahan. Sedangkan pasangan Cecep Bahrudin Holfa dan Neneng Alfiyani melangsungkan acara pernikahan di Desa Tegalurung Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, Minggu (7/5/2023).

BACA JUGA:Nelayan Karangsong Bershalawat Hadirkan Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-22 Dipastikan Lolos ke Semifinal, Usai Kalahkan Timor Leste 3-0

"Semua pasangan pengantin, selain dapat buku nikah. Juga langsung memperoleh Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) secara gratis,"jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)  Kabupaten Indramayu Moh. Iskak Iskandar kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (8/5/2023)

Iskandar menjelaskan, program Dukcapil Berkah ini merupakan gagasan cerdas Bupati Nina. Dalam rangka memberikan pelayanan data administrasi kependudukan bagi masyarakat. Terutama yang akan melangsungkan acara pernikahan.

Dokumen KK dan KTP-EL serta buku nikah diserahkan secara simbolis kepada pasangan pengantin oleh kasi pelayanan masyarakat di kedua kecamatan. Yang di saksikan oleh masing masing Kepala KUA setempat.

Menurutnya, inovasi dari program Dukcapil Berkah ini dibuat dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan kepada pengantin baru dengan memberikan dokumen kependudukan secara langsung. Meski di hari libur, pelayanan program tersebut terus berjalan melayani masyarakat.

BACA JUGA:Industri Kerupuk Khas Indramayu Terus Menggeliat

BACA JUGA:PPKIB dan 7 CDPOB se-Jabar Bakal Gelar Unras, Tuntut Moratorium Pemekaran Dicabut

“Penyerahan dokumen tersebut adalah realisasi program Dukcapil Berkah. Di mana penyerahan dokumen kependudukan pun diberikan secara bersamaan dengan penyerahan buku nikah,"imbuhnya.  

Iskandar juga berharap, inovasi terhadap layanan masyarakat oleh Bupati Indramayu  dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. Seperti tertib administrasi terutama dalam administrasi dokumen kependudukan yang terus meningkat.

"Kami berharap inovasi layanan kepada masyarakat oleh Bupati Nina. Agar bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indramayu. Sehingga masyarakat tertib administrasi dokumen kependudukan lebih meningkat,"Imbuhnya.

Secara terpisah Abdul Qori dan Kudrotin Anisa. Ia mengaku terharu dan bangga dengan program Dukcapil Berkah oleh Bupati Nina. Pihanya mengucapkan terima kasih kepada bupati yang peduli dengan data administrasi kependudukan bagi masyarakat,"pungkasnya. (dun)

BACA JUGA:Harbelnas, PLN Beri Promo Voucher Tambah Daya Listrik, Cuma Rp250 Ribu

BACA JUGA:Jumat Curhat Sat Binmas Polres Indramayu Imbau Petani Tak Bakar Jerami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: