Ridwan Kamil Tugaskan Wagub Uu Ruzhanul Ulum Jadi Pemimpin Jamaah Haji Jawa Barat

Ridwan Kamil Tugaskan Wagub Uu Ruzhanul Ulum Jadi Pemimpin Jamaah Haji Jawa Barat

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum ditugaskan jadi pemimpin jemaah haji 2023.-Humas--RADAR INDRAMAYU

BANDUNG, RADARINDRAMAYU.ID - GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil menugaskan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjadi pemimpin jamaah haji Jawa Barat pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini.
“Saya ditugaskan Pak Gubernur menjadi amirul hajj (pemimpin jamaah haji)," kata Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Kota Bandung, kemarin.

Ia menjelaskan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan kepadanya untuk berkomunikasi intensif dengan jamaah haji asal Jawa Barat selama menjalankan tugas di Tanah Suci.

Ridwan Kamil berpesan agar Uu menyapa jamaah, mendatangi, termasuk door to door ke kamar kamar jamaah. “Tolong datangin mereka, kalau bisa dari kamar ke kamar, kalau bisa komunikasi dengan intensif dengan mereka, sampaikan salam dari Pak Gubernur'," katanya mengutip pesan gubernur.

Ridwan Kamil juga menitipkan doa kepada Uu dan para jamaah untuk kemajuan Jawa Barat. “Termasuk minta doa kepada jamaah haji untuk mendoakan Pak Emil menjadi pemimpin nasional," kata dia.

BACA JUGA:Pembangunan Sektor Perikanan dan Kelautan Masih Menjadi Prioritas Bupati Nina

BACA JUGA:89 Mahasiswa Unwir KKN Tematik di Kecamatan Kedokan Bunder

Selaku pemimpin jamaah haji, Wakil Gubernur mengimbau umat Muslim yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji tahun ini mempersiapkan kondisi fisik dan mental.

“Saya berharap kepada para jamaah haji yang awal sekarang berangkat ataupun yang kedua, ketiga, yang pertama siapkan mental. Yang Kedua siapkan fisik, karena ibadah haji adalah ibadah fi'li kalau bahasa fiqih, bukan ibadah qauliah," kata dia.

“Karena kalau terganggu mental itu akan berakibat kepada fisik. Di saat berangkat, tolong putuskan seluruh masalah-masalah yang membuat mental kita terbebani," tambahnya.

Ia mengemukakan bahwa kondisi mental yang kurang baik dapat mengganggu kekhusyukan dalam melaksanakan ibadah. “Kalau mental terbebani terkadang ibadah tidak khusyuk, lagi tawaf mengingat di rumah, lagi sa'i mengingat di rumah, apalagi di saat kita di Muzdalifah, di saat di tenda, kemudian kita ngeriung (ngumpul) dan yang lainnya, hanya berdoa dan berzikir, kalau kita tidak siapkan mental ingat ke situ ke sana tidak khusyuk," katanya.

BACA JUGA:KAI Daop 3 Cirebon Layani 134.123 Penumpang Selama Masa Angkutan Lebaran 2023

BACA JUGA:Penemuan Sosok Mr X di Tengah Sawah Desa Jagapura Wetan, Ini Ciri-cirinya

Dia juga mengingatkan jamaah calon haji untuk bersyukur karena berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci tahun ini. “Harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, bahwa Allah telah memanggilnya. Karena ini bahasanya juga kan Labbaik Allahumma Labbaik, aku memenuhi panggilan-Mu Ya Allah," kata dia.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah haji. Lebih dari 1.000 petugas haji daerah (PHD), menurut dia, sudah disiapkan untuk melayani jamaah haji Provinsi Jawa Barat. “PHD sekarang berbeda dengan PHD sebelumnya. Ada pelatihan yang sangat luar biasa," kata dia. (rc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: