Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik

Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik

Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik sebagai upaya meningkatkan kualitas anggota Karang Taruna dengan tema "Peran Jurnalisme Warga Dalam Pembangunan Desa", Minggu (30/04/2023) di Kantor Desa Walahar Kec. Gempol Kab. Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

Cirebon, RADARINDRAMAYU.ID - Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik sebagai upaya meningkatkan kualitas anggota Karang Taruna dengan tema "Peran Jurnalisme Warga Dalam Pembangunan Desa", Minggu (30/04/2023) di Kantor Desa Walahar Kec. Gempol Kab. Cirebon.

Kelas Jurnalistik yang diadakan oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gempol, dengan jumlah 25 peserta mewakili dari Karang Taruna Wilayah Barat dan organisasi yang konsen di bidang sosial.

Diharapkan mampu mencetak Anggota Karang Taruna yang faham dunia Jurnalistik dengan membuat dasar-dasar berita sesuai Kode Etik Jurnalistik.

Hal ini diungkapkan oleh Rahulloh Ayatulloh, Ketua Karang Taruna Kecamatan Gempol, bahwa kelas Jurnalistik ini salah satu langkah strategis Karang Taruna sebagai wadah pengembangan potensi anak muda yang ingin bergelut di dunia jurnalis.

BACA JUGA:Pemuda Asal Kebumen Jateng Ditemukan Gantung Diri di Pinggir Kali

BACA JUGA:Unit PLN Haurgeulis Siaga Mudik, Beri Layanan SPKLU Kendaraan LIstrik di Rest Area Tol Cipali

"Kader Karang Taruna saat ini harus mampu hadir dalam dunia digital, agar mampu menguasai sektor teknologi yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman, salah satunya melalui Kelas Jurnalistik yang diadakan oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gempol. Karang Taruna harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana publikasi yang dikemas dengan berita," ujarnya.

Lanjutnya, Karang Taruna tidak hanya konsen di bidang sosial, budaya dan olahraga saja. Tapi juga harus bisa bergerak dibidang lain sesuai minat dan bakatnya, salah satunya di bidang Jurnalistik ini agar mencetak Jurnalis Muda Kader Karang Taruna.

Melalui Kelas Jurnalistik ini, Kader Karang Taruna diharapkan bisa membuat berita dengan teknik dasar yang telah disampaikan oleh Mamat Rahmat, Ketua PWI Kabupaten Cirebon sebagai pembicara utamanya.

"Jika bisa membuat berita, kita akan tindak lanjuti untuk pengembangan selanjutnya dan bisa merawat minat dan bakat. Agar bisa menjadi kontributor berita di desanya masing-masing, minimal memberitakan straight news atau berita yang bersifat ceremonial," ucapnya.

BACA JUGA:Usai Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan 8 Hal Ini Agar Motor Tetap Dalam Kondisi Prima

BACA JUGA:Pembiayaan Tumbuh Lebih Dari 20 Persen, Kinerja Keuangan BSI Semakin Solid

Nuansa budaya juga terlihat dalam acara ini, sebagai opening show menampilkan Tari Topeng Klana dan Tari Topeng Tumenggung khas Cirebon.

Sementara itu, Camat Gempol, Sri Darmanto mengapresiasi kegiatan kepemudaan khususnya Karang Taruna Kecamatan Gempol yang merupakan binaannya agar terus berkembang dan bergerak.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan Kelas Jurnalistik yang di inisiasi oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gempol, ini merupakan kegiatan yang keren karena anak muda hadir di dunia jurnalistik. Bagaimana temen-temen Karang Taruna belajar cara membuat berita yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik," katanya.

Camat berharap, setelah acara ini, Karang Taruna agar terus menjadi penggerak di desanya masing-masing untuk menjadi kontributor mengekspos tentang perkembangan Desa yang bisa mengangkat potensi dan kemajuan desa.

Dalam acara tersebut dibuka oleh Camat Gempol. Hadir juga Eka Wildanu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Cirebon, Karang Taruna Klangenan, Plumbon, Palimanan, Tegalsari dan organisasi lainnya.

BACA JUGA:Pelayanan PLN Mengecewakan, Sering Mati Lampu Tanpa Sebab yang Jelas

BACA JUGA:Bantah Berita Pesanan, Kasan Basari Menuduh Dirinya Sendiri Bukan Politisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: