Unit PLN Haurgeulis Siaga Mudik, Beri Layanan SPKLU Kendaraan LIstrik di Rest Area Tol Cipali

Unit PLN Haurgeulis Siaga Mudik, Beri Layanan SPKLU Kendaraan LIstrik di Rest Area Tol Cipali

Unit PLN Haurgeulis Siaga Mudik, Beri Layanan SPKLU Kendaraan LIstrik di Rest Area Tol Cipali-ist-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  - PT PLN (Persero) menyiapkan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area pada periode arus mudik dan balik lebaran 2023/1444 Hijriah.

Salah satunya di Rest Area Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 130 A.

Unit PLN Haurgeulis ditugaskan melakukan siaga mudik dilokasi peristirahatan sementara yang terletak di Desa Sanca, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu itu.

Mereka bertanggungjawab untuk memastikan kesiapan infrastruktur pendukung, kelancaran sekaligus menjaga kehandalan layanan SPKLU bagi masyarakat pemudik yang menggunakan kendaraan listrik untuk melakukan pengisian daya.

BACA JUGA:Usai Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Perhatikan 8 Hal Ini Agar Motor Tetap Dalam Kondisi Prima

BACA JUGA:Pembiayaan Tumbuh Lebih Dari 20 Persen, Kinerja Keuangan BSI Semakin Solid

Manager ULP Haurgeulis, Djulijanto mengaku bersyukur, keberadaan SPKLU berjenis Ultra Fast Charging 200 kilowatt (KW) di Rest Area Tol Cipali KM 130 A direspon antusias para pemudik pengguna kendaraan listrik.

Mampu memberikan rasa aman dan nyaman karena lokasinya cukup mudah dijangkau. Pengguna kendaraan listrik dapat mengecek lokasi SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile.

“Semoga dengan tersedianya SPKLU yang disediakan PLN ini dapat membuat masyarakat pengguna mobil listrik merasa aman dan nyaman saat mudik dan balik lebaran tahun ini,” katanya kepada Radar, kemarin.

Menurut Djulijanto, keberadaan SPKLU ini diharapkan dapat dapat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ekosistem kendaraan listrik serta mengurangi polusi CO2. Sekaligus mendukung percepatan Net Zero Emision pada tahun 2060.

BACA JUGA:Pelayanan PLN Mengecewakan, Sering Mati Lampu Tanpa Sebab yang Jelas

BACA JUGA:Bantah Berita Pesanan, Kasan Basari Menuduh Dirinya Sendiri Bukan Politisi

“Mudah-mudahan ada pengalaman yang lebih menyenangkan dengan kendaraan listrik mudik tahun ini, dan dimasa-masa mendatang komunitas kendaraan listrik dapat bertambah," terang Djulijanto.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam konferensi pers Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1444 H menyebutkan terdapat sebanyak 616 SPKLU di 237 lokasi di Indonesia untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik selama musim libur Lebaran 2023.

Seluruh SPKLU tersebut siap melayani pengisian daya kendaraan listrik saat masa mudik dan balik Lebaran.

Lokasi SPKLU tersebut, di antaranya terletak pada rest area jalan tol di jalur mudik, yakni di sembilan titik di Tol Trans Jawa dan enam titik di Tol Trans Sumatera.

BACA JUGA:Pelayanan PLN Mengecewakan, Sering Mati Lampu Tanpa Sebab yang Jelas

BACA JUGA:Bantah Berita Pesanan, Kasan Basari Menuduh Dirinya Sendiri Bukan Politisi

Adapun sembilan lokasi SPKLU yang berada pada rest area di sepanjang Tol Trans Jawa, di antaranya rest area kilometer (KM) 519 A (Solo-Ngawi), rest area KM 519 B (Ngawi-Solo), rest area KM 389 B (Batang-Semarang), rest area KM 379 A (Semarang-Batang), rest area KM 626 B (Kertosono-Madiun), rest area KM 207 A (Palikanci), rest area 208 B (Palikanci), rest area KM 10,6 Tol Jagorawi, dan rest area KM 6 (Jakarta-Cikampek).

Selanjutnya, untuk SPKLU di Tol Trans Sumatra yang bisa digunakan, yaitu rest area KM 20 B Lampung (Tol Bakauheni-Kayu Agung), rest area KM 49 A Lampung-Palembang, rest area KM 163 A Lampung Tengah, rest area KM 172 B Tulang Bawang Barat, rest area KM 269 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung), dan rest area KM 277 Terpeka (Tol Bakauheni-Kayu Agung).

SPKLU itu didukung dengan tiga jenis pengisian daya yang siap beroperasi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seperti jenis medium charging, fast charging hingga ultra fast charging.

Sementara itu, sebaran 616 SPKLU yang tersebar pada 237 lokasi yakni Pulau Jawa sebanyak 171 lokasi, Bali 34 lokasi, Sumatera 35 lokasi, Kalimantan 12 lokasi, Sulawesi 14 lokasi, Maluku dua lokasi, Nusa Tenggara sembilan lokasi, dan Papua dua lokasi. Lokasi-lokasi tersebut dapat dicek melalui aplikasi PLN Mobile.

Bagi para pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik. (kho)

BACA JUGA:Kartini Indramayu Hebat Menuju Indramayu Bermartabat

BACA JUGA:Pedagang Tahu Bulat Ditemukan Meninggal Tergelak Di Lapak Pasar Kain Jatibarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: