Kenali Masalah yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Kenali Masalah yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor

Kenali Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kunci Kontak Sepeda Motor-ist-RADAR INDRAMAYU

RADARINDRAMAYU.ID - Dalam menemani beraktifitas sehari-hari menggunakan sepeda motor tetap harus dalam kondisi prima. Namun terkadang beberapa masalah yang muncul, bukan hanya di bagian mesin tapi juga sektor lainnya yang walaupun sepele tapi bisa membuat aktivitas berkendara jadi terganggu.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, Seperti kunci kontak sepeda motor. Bagian ini juga sangat penting, karena berfungsi untuk menyalakan sepeda motor akan bepergian dan sekaligus mematikan kelistrikan sepeda motor baik saat berhenti atau parkir.

Berikut adalah masalah yang sering terjadi pada kunci kontak mekanis konvensional pada sepeda motor sekaligus solusinya.

1. Kunci Kontak Longgar

Biasanya ini terjadi pada sepeda motor keluaran lama yang masih dipakai saat ini. Penyebabnya karena faktor umur dan sering dipakai sehingga membuat material anak kunci kontak menjadi aus begitu juga di bagian dalam rumah kuncinya.

Penyebab lain kunci kontak jadi longgar dan bahkan bisa menyebabkan anak kunci terjatuh saat berkendara adalah karena sering menggabungkan kunci kontak sepeda motor dengan kunci lainnya seperti kunci rumah, kunci gembok misalnya. Hal tersebut menyebabkan kunci kontak sepeda motor akan mendapat beban dari kunci lainnya yang tergantung bersamaan.

BACA JUGA:Partai Pengusung Harus Legowo, Sosok Ady Setiawan Layak Dampingi Bupati Nina

BACA JUGA:Polling Cawabup Versi Radar Indramayu, Ady Setiawan di Posisi Teratas  

Penyebab lain kunci kontak longgar adalah pernah memasukan benda atau anak kunci yang bukan pasangannya secara paksa, sehingga lubangnya menjadi longgar dan anak kunci mudah lepas.

2. Kunci Kontak Macet

Ketika memasukan anak kunci kedalam rumah kunci terkadang mengalami seret atau macet. Tidak bisa diputar ke kanan atau ke kiri. Kalaupun bisa, biasanya tidak bisa dilepas dan stuck di dalam rumah kunci.

Penyebabnya bisa karena terdapat kotoran didalam kunci akibat masuk melalui air hujan atau saat mencuci sepeda motor. Masalah ini harus ditangani secara hati-hati karena berpotensi mengalami patah kunci jika dikeluarkan secara paksa.

Solusinya Brosis bisa memberikan cairan penetran kedalam lubang kunci, diamkan sebentar kemudian goyang-goyangkan hingga longgar lalu cabut secara perlahan. Sesudah lepas, berikan cairan penetran lebih banyak ke dalam lubang kunci supaya kotoran atau benda yang masuk kedalamnya bisa keluar.

 BACA JUGA:Pasang Pagar Perisai Spandex, ASTRA Tol Cipali Minimalisir Semburan Api di Rest Area KM 86 B

BACA JUGA:Matangkan Skema JETP, PLN Gandeng IEA Jalankan Roadmap Transisi Energi

3. Kunci Kontak Patah

Ketika kunci kontak macet kemudian diputar atau dicabut secara paksa bisa menyebabkan anak kunci patah dan tertinggal di dalam lubang kunci.

Solusinya, anak kunci yang tertinggal harus segera dikeluarkan jangan sampai tertinggal lebih lama. Mengeluarkannya juga harus hati-hati dengan cara memberikan cairan pelumas atau penetran kemudian cabut menggunakan pinset atau tools lainnya.

4. Motor Tidak Menyala

Jika saat memasukan kunci di rasa normal, tapi saat diputarkan ke posisi “ON” namun motor tidak menyala dengan indikasi tampilan speedometer juga tidak menyala seperti biasa, bisa dipastikan ada masalah pada bagian kelistrikan.

Bisa karena adanya arus pendek alias korsleting, atau yang paling sering terjadi adalah karena salah satu soket penyambung kabel terlepas,  putus atau mengalami kerusakan.

Untuk menjaga kondisi kunci kontak dalam kondisi prima, lakukan perawatan dengan sering memberikan cairan penetran atau pelumas pada lubang kunci dan juga menjaganya agar penutup lubang kunci tertutup sempurna supaya terhindar dari debu atau kotoran yang masuk kedalam lubang kunci yang berpotensi menjadi penyebab rusaknya kunci kontak sepeda motor.

BACA JUGA:Masih Ada Masalah, Saat Ramai Wisatawan Muncul Spanduk Ini di Waduk Darma

BACA JUGA:Anggota Basarnas Pos SAR Cirebon Gugur, Saat Bertugas Evakuasi Mayat di Bendungan Salamdarma Subang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: