Jalur Kereta Api Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon Siap Dilalui Pemudik

Jalur Kereta Api Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon Siap Dilalui Pemudik

Pekerja tengah melakukan pekerjaan pemeliharaan rel kereta api di sekitar Stasiun Jatibarang Kabupaten Indramayu,Rabu 5 April 2023-utoyo prie achdi-

JATIBARANG, RADARINDRAMAYU.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon terus melakukan persiapan menyambut masa angkutan lebaran yang akan berlangsung 14 April – 2 Mei 2023.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon,  Ayep Hanapi mengatakan, untuk saat ini kondisi jalur perlintasan yang ada di wilayahnya cukup aman dan siap dilalui kereta api yang akan mengangkut para pemudik.

Meski demikian, perawatan dan perbaikan ringan juga terus dilakukan. Seperti perbaikan atau penggantan bantalan rel serta melakukan peninggian rel, sebagai dampak frekuansi kereta api yang cukup banyak.

“Peninggian rel kami lakukan agar kondisi rel bisa kembali normal saat musim angkutan lebaran nanti,” kata Ayep, saat memantau langsung  perawatan rel kereta api di sekitar Stasiun Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Rabu 5 Maret 2023.  

BACA JUGA:Sanksi Tegas kepada Perusahaan yang Mencicil Apalagi Tidak Membayarkan THR.

BACA JUGA:14 Titik Jalur Kereta Api Rawan Banjir dan Amblas. PT KAI Daop 3 Cirebon Lakukan Antisipasi

Selain melakukan perawatan, terang Ayep, pihaknya juga sudah memetakan 14 titik pemantauan yang ada diwilayahnya. Titik-titik tersebut adalah daerah yang rawan banjir dan rawan amblas.

Ayep mengungkapkan, selama masa Angkutan Lebaran 2023 selama 19 PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan 104 ribu tiket kereta api jarak jauh. Dari jumlah tersebut, 95 ribu tiket diantaranya untuk kereta api (KA) regular.

Kereta api regular tersebut meliputi KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Gambir PP sebanyak 3 kali perjalanan, 1 perjalanan KA Ranggajati relasi Crebon – Jember dan 3 perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan-Semarang Tawang PP) dan KA Kaligung (Brebes-Semarang Tawang PP).

Dari 104 ribu tiket itu, kata dia, sekitar 25 persen atau 26 ribu tiket sudah terjual.

BACA JUGA:Tips Aman Gunakan Listrik

BACA JUGA:Jadwal Pelayanan SIM Keliling Hari Ini Ada di Pasar Kertasmaya

“Untuk tiket lebaran keberangkatan dari Daop 3 Cirebon masih banyak tersedia. Bagi penumpang yang akan menggunakan kereta api gak perlu khawatir,” ungkapnya.

Selain kereta api reguler,  ungkapnya,  pihaknya juga menyediakan KA tambahan yakni KA Argo Cheribon Lebaran. Berangkat dari Stasiun Cirebon pukul 20.25 sampai Gambir 23.23 wib.

“KAI berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran 2023 nanti dengan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,” ujarnya.

 Ayep Hanapi menegaskanbahwa PT KAI masih menerapkan  protokol kesehatan bagi penumpang. Hal itu sesuai SE Kementerian Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022 dimana untuk pelanggan KA Jarak Jauh berusia 18 tahun ke atas wajib vaksin ketiga (booster).

“Bagi penumpangn yang belum vaksin KAI Daop 3 Cirebon melayani vaksin gratis di Klinik Mediska Jatibarang dan Cirebon. Vaksinasi bisa dilakukan di klinik KAI satu hari sebelum keberangkatan dengan menunjukan booking tiket,” sebutnya.(oet)

BACA JUGA:Bakal Ada Tersangka Baru, Bupati dan Kajari Serahkan Data Pedukung Kasus Kredit Macet BPR KR

BACA JUGA:Pengemis Menjamur, Obrog Ramai

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: