KEREN! 25 Pelajar Smanja Lolos Seleksi SNBP 2023, 3 Siswa Diterima ITB

KEREN! 25 Pelajar Smanja Lolos Seleksi SNBP 2023, 3 Siswa Diterima ITB

LOLOS SNBP 2023 – Kepala Smanja Daryam SPd MPd bersama 25 pelajar kelas XII IPA-IPS yang lolos SNBP 2023.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Keren. Prestasi gemilang lagi-lagi ditorehkan SMA Negeri 1 Anjatan (Smanja).

Sebanyak 25 siswa-siswi kelas XII IPA dan IPS tahun pelajaran 2021/2022 di sekolah favorit diwilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (Inbar) itu berhasil diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mereka sukses menembus ketatnya persaingan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023. Diterima disejumlah PTN di Indonesia.

Prestasi ini melanjutkan tren positif sekolah favorit diwilayah Kabupaten Indramayu Barat (Inbar) itu dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang sebelumnya disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

BACA JUGA:Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Mimpi Garuda Muda Kandas

BACA JUGA:Catat Nih! Hari Cuti Bersama Idulfitri 1444 HijriahD itambah

Hebatnya lagi, 3 dari 25 pelajar itu berhasil masuk disalah satu PTN terkemuka yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Ketiga pelajar itu adalah Phillips Nelsen, Aldi Wahyu Permana dan Aldo Yoga Pangestu.

Sementara 22 siswa-siswi lainnya diterima di Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Univeritas Brawijaya, Universitas Singaperbangsa Karawang, UNSIKA, Universitas Negeri Semarang, Univeritas Jenderal Sudirman dan Politeknik Negeri Subang.

Dengan pencapaian ini, Smanja menjadi salah satu SMA terbanyak di Kabupaten Indramayu yang menyumbangkan siswanya lolos ke PTN melalui jalur SNBP 2023. Mengungguli sekolah-sekolah favorit lain diwilayah Indramayu Kota dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, 25 peserta didik kami diterima di PTN sesuai pilihannya lewat jalur SNBP 2023. Bertengger di tiga besar SMA se-Kabupaten Indramayu yang meloloskan siswanya ke PTN,” ucap syukur Kepala Smanja, Daryam SPd MPd kepada Radar, Kamis (30/3).

BACA JUGA:Dorong Implementasi Bisnis Berbasis ESG, Bank Mandiri Pasang 556 Unit Panel Surya

BACA JUGA:Marka Jalan Provinsi Luntur, PJU Minim

Dirinya merasa sangat bangga dengan capaian para siswa ini. Menjadi sebuah kebanggaan sekaligus kegembiraan tidak hanya bagi para siswa dan keluarganya. Tapi pula seluruh warga Smanja.

Keberhasilan ini sebagai bukti jika kualitas layanan pendidikan di SMAN 1 Anjatan terus meningkat. Hasil dari kerja keras civitas akademika secara keseluruhan.

“Pencapaian ini adalah merupakan keberhasilan dari kerja keras semua komponen di sekolah. Dari kolaborasi semua guru mapel, para wali kelas, tim IT sekolah, staf administrasi, lebih-lebih tim Bimbingan guru BK sampai dukungan dari segenap orang tua siswa baik secara langsung maupun melalui komite sekolah,” terangnya.

Pihaknya optimis, jumlah lulusan Smanja yang diterima PTN bakal bertambah banyak melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebagaimana yang terjadi pada tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Hari Ini! Terjadi 534 Kali Guncangan Gempa Bumi dengan Kekuatan 4,0 Magnitudo di Cianjur

BACA JUGA:Pekerja Pertamina RU VI Salurkan Zakat Profesi 15 Ton

“Kami yakin, anak-anak yang pada kesempatan seleksi tahap awal ini belum beruntung, pada saatnya juga akan mengikuti jejak rekan-rekannya diterima di PTN  melalui jalur lain seperti SNBT dan sebagainya,” terang dia.

Mantan Kepala SMAN 1 Kroya, 1 Terisi dan SMAN 1 Jatibarang  ini mengungkapkan, ada beberapa strategi yang diterapkan Smanja. Dimulai sejak masuk dan tercatat sebagai peserta didik SMAN 1 Anjatan. Tim BK dengan bantuan wali kelas terus memantau prestasi masing-masing peserta didik berdasarkan minat dan kemampuan masing-masing.

Kemudian, dengan diselingi komunikasi dan diskusi dengan orang tua/wali siswa pemantauan dan pembinaan terhadap peserta didik terus dilakukan sampai dengan saat pemilihan terhadap pendidikan lanjutan yang akan dipilih anak-anak. Sekolah melalui tim BK terus melakukan pendampingan.

Atas dasar itu semua, pihak sekolah menyampaikan apresiasi, penghargaan, dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung.

BACA JUGA:Sambut Bulan Ramadhan, DAM Hadirkan Honda Ramadhan Fair di Karawang dan Depok

Capaian ini juga sekaligus menjadi pemacu semangat untuk selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada peserta didik. Evaluasi terhadap program yang dijalankan tahun ini pasti dilakukan karena secara kelembagaan, Smanja harus terus meningkatkan kinerja sehingga baik secara kualitatif dan kuantitatif baik lembaga maupun lulusan agar semakin diperhitungkan oleh PTN-PTN favorit di Indonesia.

“Sejak pengumuman hasil jalur SNBP 2023 ini diketahui, kami segera menyusun langkah untuk tahun pelajaran selanjutnya agar secara kualitatif dan kuantitatif peserta didik yang diterima di PTN semakin meningkat,” tandasnya. (kho)

BACA JUGA:Polisi Amankan Belasan Anak Terlibat Perang Sarung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: