Umrah Ramadhan Sepi Peminat, Ini Penyebabnya

Umrah Ramadhan Sepi Peminat, Ini Penyebabnya

Ikustrasi-Istimewah-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID– Bulan Ramadhan sepertinya bukan menjadi waktu favorit bagi umat muslim di Bumi Wiralodra untuk ramai-ramai menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Buktinya, animo wong Dermayu untuk berumroh di bulan yang penuh ampunan dan pahala, justru mengalami penurunan signifikan.

Seperti terdata di agen perjalanan umroh dan haji plus Urip Grup Indramayu (UGI). Jumlah calon jamaah umroh yang mengikuti program Ramadhan 1444 Hijriyah tahun 2023 ini, hanya sebanyak 8 orang.

“Kami siapkan sebanyak 35 kuota. Dari Indramayu hanya 8 calon jamaah, sisanya yang sebagian besar itu dari luar daerah,” kata pimpinan UGI Tours & Travel, H Urip Sugiarto kepada Radar, Rabu (8/3).

BACA JUGA:Pemilik Usaha Warung Kecil dari Desa Jatisawit Dapat Bantuan Modal dari Program Kruwcil

BACA JUGA:Tiga Pengedar Sabu-Sabu, Salah Satu Tersangka Perempuan Ditangkap Polisi di Dua Lokasi Berbeda

Dia mengungkapkan, ada dua faktor yang mempengaruhi minat masyarakat untuk melaksanakan umrah pada bulan Ramadhan. Yakni biaya yang cukup tinggi dan faktor cuaca.

Biaya umroh disepanjang bulan Ramadan, ungkap Urip Sugiarto, memang mengalami kenaikan harga signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal itu sudah menjadi kecenderungan setiap tahun. Dimana kenaikan harga ini memang kerap terjadi pada puasa.

Jika biasanya berada di kisaran Rp30 juta bahkan ada yang di bawahnya, di bulan Ramadan bisa mencapai Rp35-50 juta.

Kenaikan dipicu karena tingginya biaya hotel, tiket pesawat serta berbagai akomodasi yang dibutuhkan menyusul membludaknya jamaah dari Timur Tengah.

BACA JUGA:Kabar Duka! Gelandang Muda Potensial Zanadin Fariz Harus Absen di Piala Dunia U-20

BACA JUGA:Hasil Piala Asia U-20 2023 : Ditahan Imbang Uzbekistan, Langkah Timnas Indonesia U-20 Terhenti

“Tergantung juga ambil waktu yang mana, kan ada awal, pertengahan dan akhir. Yang paling mahal itu di 10 hari terakhir Ramahdan, biayanya bisa nyampe Rp50 jutaan belih,” terang dia.

UGI Tours & Travel sendiri menetapkan biaya umroh paket Ramadhan hanya sebesar Rp35 juta untuk 9 hari. Keberangkatan direncanakan pada 30 Maret 2023 nanti.

“Kami sudah mempersiapkan penyelenggaraan umrah paket Ramadhan ini sejak jauh-jauh hari dan dengan sangat maksimal. Berapapun jumlah calon jamaahnya, Insya Allah kita tetap akan berangkat,” jelasnya.

Selain soal biaya, faktor cuaca di Arab Saudi juga turut menyurutkan minat masyarakat. Mereka khawatir, cuaca panas akan membuat mereka tidak khusyu menunaikan ibadah selama ditanah suci.

“Ada kekhawatiran nanti disana gampang cape, lelah karena kepanasan. Padahal saya yakin, justru sebaliknya. Ibadah umroh dan puasa malah tambah khusyu,” tandasnya.

BACA JUGA:Pemdes Cangkingan Gunakan Mobil Maskara Untuk Edukasi dan Literasi Digital

BACA JUGA:Mau Perpanjang SIM? SIM Keliling Hari Ini Ada di Polsek Jatibarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: