GAWAT! Tanggul Pembuangan Kalianyar Cilet Kritis, Rawan Jebol

GAWAT! Tanggul Pembuangan Kalianyar Cilet Kritis, Rawan Jebol

TINJAU TANGGUL – Satkorlak PBA Kecamatan Kandanghaur melakukan peninjauan titik tanggul aliran sungai pembuang Kalianyar Cilet yang kritis dan rawan jebol, kemarin.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Sejumlah titik tanggul di sepanjang aliran sungai pembuang Kalianyar Kecamatan Kandanghaur dilaporkan dalam kondisi rusak dan kritis. Perlu penanganan mendesak untuk mencegah terjadinya bencana banjir.

Laporan itu disampaikan Satkorlak Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Kecamatan Kandanghaur usai melakukan pemantauan tanggul pembuang Kalianyar di Blok Cilet, Desa Karangnyar.

Camat Kandanghaur, Hatta Direja SSTP menyebutkan, kerusakan tanggul paling parah terpantau di satu titik. Kondisi tanggul terkikis sepanjang belasan meter.

Penyebab kritisnya tanggul akibat besarnya debit serta tekanan dari air sungai. Ditambah curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah pantura Kecamatan Kandanghaur beberapa hari terakhir.

BACA JUGA:Sukses Kolaborasikan Konser & Charity, BSI Pertegas Langkah Perjalanan Mahakarya untuk Indonesia

BACA JUGA:Lucky Hakim Tegaskan Pengunduran Diri Atas Kehendak Pribadi, DPRD Segera Kirim Surat ke Mendagri

“Di samping itu memang kontur tanah di tanggul sangat mudah tergerus,” ujarnya kepada Radar, Rabu (1/3).

Pihaknyapun mengaku sudah melaporkan dan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Indramayu dan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis) untuk penanganan tanggul. Kedua pihak sudah melaksanakan monitoring ke lokasi.

Diharapkan, tanggul yang kritis dapat segera di tanggulangi. Hal ini untuk menghindari terjadinya bencana banjir di wilayah sekitar tanggul yang kritis.

“Saya berharap tanggul yang kritis ini agar segera mendapat perhatian untuk perbaikan. Karena kalau jebol, bisa mengakibatkan terjadinya bencana banjir baik untuk permukiman dan lahan pertanian. Apalagi musim hujan masih berlangsung,” harapnya.

BACA JUGA:Pohon di Parkiran SMKN 1 Anjatan Tumbang, Timpa Motor Siswa

BACA JUGA:MMKSI Raih Capaian Positif di Ajang IIMS 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: