Yuk Perbanyak Sholawat di Bulan Sya’ban! Ini Keutamaannya

Yuk Perbanyak Sholawat di Bulan Sya’ban! Ini Keutamaannya

Ilustrasi Masjid Islamic Center Indramayu, Jawa Barat-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Salah satu peristiwa penting yang terjadi pada Bulan Sya’ban adalah turunnya  ayat Al-Qur’an tentang Anjuran Shalawat untuk Rasulullah SAW yaitu Surat Al-Ahzab ayat 56 : 

 إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا 

Artinya, “Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Ibnu Abi Shai Al-Yamani sebagaimana dilansir NU Online mengatakan, bulan Sya’ban adalah bulan shalawat. Karena pada bulan itulah ayat tentang anjuran shalawat diturunkan.

Pendapat ini dikuatkan oleh pendapat Imam Syihabuddin Al-Qasthalani dalam Al-Mawahib-nya, serta Ibnu Hajar Al-Asqalani yang mengatakan bahwa ayat itu turun pada bulan Sya’ban tahun ke-2 hijriyah.

 BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Setiap Jum’at Ada di Simpang Tiga Karangampel

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Persib vs Arema : Gol Marc Klok Bawa Persib Raih Kemenangan

Dalam sebuah pendapat sebagaimana dinuqil oleh Quthbur Rabbani Syaikh Abdul Qadir al-Jailani dalam kitabnya ‘al-Ghunyah’ di katakan: 

صلاة الرب تبارك وتعالى على نبيه تعظيم الحرمة, وصلاة الملائكة عليه اظهار الكرامة, وصلاة الأمة عليه طلب الشفاعة.

“Shalawat yang berikan Allah kepada Muhammad adalah sebuah penghormatan, shalawat atas nabi dari para malaikat merupakan pengejawantahan dari karamah, sedangkan shalawat atas nabi dari kita selaku ummat adalah permohonan syafaat dan pertolongan.”

Berdasarkan hal tersebut, maka selayaknya di bulan ini kita perbanyak bersholawat kepada Rasulullah SAW. Ingatlah betapa banyaknya keutamaan membaca sholawat salah satunya seperti yang terungkap dalam hadits ini :

 مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

 “Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i).

Demikian penjelasan singkat tentang keutamaan memperbanyak sholawat di bulan Sya’ban, sebagaimana diungkapkan Ustadz Iing Rohimin dalam rubrik Pekeling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: