SPEKTAKULER! 2.264 Peserta Ikuti Jalakmas Champhionship Ke-7

SPEKTAKULER! 2.264 Peserta Ikuti Jalakmas Champhionship Ke-7

SEMARAK - Kepala KCD wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd didampingi kepala Smanja Daryam SPd MPd dan para kepala SMA/SMK se-Kabupaten Indramayu saat acara pembukaan Jalakmas Championship 2023, Jumat malam (17/2).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Vakum dua tahun gegara pandemi Covid-19. Gerakan Pramuka Gugus Depan Indramayu 24.129-24.130 pangkalan SMA Negeri 1 Anjatan kembali menghelat lomba Jalan Lintas Alam Ki Bagus Rangin-Nyi Kidang Mas (Jalakmas) Championship 2023.

Gelaran Jalakmas ke-7 kali ini terbilang spektakuler!. Jumlah pesertanya membludak , lebih dari 2000 peserta. Tepatnya sebanyak 2.264 orang. Jumlah ini memecahkan rekor dibanding penyelenggaraan sebelum-sebelumnya.

Ketua penyelenggara Imam Fawzy ST menyebut, sebanyak 2.264 peserta itu terbagi 887 tim. Terdiri dari golongan penggalang SD/MI, SMP/MTs dan golongan penegak SMA/SMK/MA sederajat. Dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Tak hanya heboh. Dia mengklaim penyelenggaraan Jalakmas Championship kali ketujuh ini berbeda dari sebelumnya. Dimulai dari tata cara pendaftaran yang menggunakan sistem online. Sehingga mempermudah peserta yang berasal dari luar dalam melakukan pendaftaran.

BACA JUGA:Cegah Pernikahan Dini, Mahasiswa KNM STIT-STKIP Al Amin Gelar Penyuluhan Pernikahan

BACA JUGA:Mobil Perpustakaan Keliling Diserbu Puluhan Siswa SD

Kemudian, mengantisipasi waktu pelaksanaan molor hingga malam hari, acara pembukaan dilangsungkan lebih awal yakni pada Jumat malam (17/2). Atau sehari sebelum hari H pelaksanaan yakni pada Sabtu (18/2).

Jalakmas Championship 2023 dibuka oleh Kepala KCD wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd. Turut mendampingi, Ka Mabigus yang juga Kepala SMAN 1 Anjatan, Daryam SPd MPd serta sejumlah kepala SMA/SMK di Kabupaten Indramayu.

Imam Fawzy menjelaskan, Jalakmas Champhionship 2023 terbagi dalam 2 golongan yakni Penggalang dan Penegak. Terdapat 5 cabang yang diperlombakan untuk  golongan Penggalang. Yaitu semaphore, morse, ragam sandi, pengetahuan Pramuka dan tali temali.

Sedangkan bagi tingkat Penegak SMA/SMK/MA kegiatannya adalah Rover Ranger Race (3R) atau Hyking.

BACA JUGA:DPMD Kabupaten Indramayu Raih Penghargaan dari KPPN Cirebon

BACA JUGA:Diwarnai 4 Kartu Merah, Timnas Indonesia U-20 Menang Telak 4-0 Atas Fiji

“Prinsipnya, penyelenggaraan Jalakmas kali ini bertujuan untuk menjadikan generasi muda yang memiliki jiwa, raga yang sehat. Positif, inovatif, kreatif, berkualitas, cerdas, tangguh dan berkarakter,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Anjatan, Daryam SPd MPd mengaku bangga dan memberikan apresiasi suksesnya peyelenggaraan Jalakmas Champhionship 2023.

Bangga, karena dengan jumlah peserta membludak maka akan semakin banyak pula yang mengetahui kampus Smanja. Terlebih sebagian peserta berasal dari luar daerah.

Disamping itu ada kemasan berbeda yang dilakukan oleh panitia sehingga even yang ketujuh kali ini benar-benar spektakuler, penuh inovasi dan kreatifitas.

BACA JUGA:Diwarnai 4 Kartu Merah, Timnas Indonesia U-20 Menang Telak 4-0 Atas Fiji

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Hari Ini di Terminal Indramayu Kota

“Jalakmas Champhionsip ini sudah menjadi ikon kegiatan kepramukaan di sekolah kami. Akan terus diadakan, dilestarikan dan dikembangkan,” janjinya.

Senada disampaikan Kepala KCD wilayah IX Provinsi Jawa Barat, Dra Hj Dewi Nurhulaela MPd.

Melalui kegiatan kepramukaan, terdapat banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta didik. Seperti meningkatkan keterampilan bidang kepramukaan, melatih kekompakan dan belajar berorganisasi dalam kelompok yang tidak didapatkan dalam kelas.

Pihaknyapun mendukung pelaksanaan Jalakmas Champhionship digelar reguler setiap tahun demi demi menggelorakan kembali Gerakan Pramuka di Jawa Barat.

BACA JUGA:Hidupkan Satkamling, Kapolres Indramayu Ajak Masyarakat Ikut Terlibat Pengamanan Lingkungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: