Bappeda Litbang Gelar Forum Konsultasi Publik

Bappeda Litbang Gelar Forum Konsultasi Publik

Bupati penandatanganan Berita Acara bersama unsur terkait pada acara Forum Konsultasi Publik--

INDRAMAYUl, RADARINDRAMAYU.ID -  Pemerintah Kabupaten Indramayu menggelar Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, Rabu (15/1) di Aula Nyi Endang Darma Ayu Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu. 

Acara  yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDA-LITBANG) Indramayu itu dibuka oleh Bupati Hj Nina Agustina.

 Tampak hadir  Wakil Ketua DPRD Amroni, Sekda Rinto Waluyo, Rektor Unwir Ujang Suratno, kepala perangkat daerah, camat, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Nina Agustina mengatakan, suksesnya pembangunan merupakan cita-cita bersama untuk membuat perubahan  ke arah yang lebih baik. Sehingga melalui forum ini perlu adanya kolaborasi untuk menentukan sasaran dan program pembangunan daerah, sesuai kebutuhan daerah dan masyarakat.

“Tentu prosesnya bukan hal yang mudah dan tidak dapat dilakukan satu pihak saja. Disinilah pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama. Hal ini guna memaksimalkan pelibatan seluruh elemen melalui perannya masing-masing,” jelasnya. 

BACA JUGA:UPT-PMB Unwir Gelar Campus Tour, Mengenal Lebih Dekat Universitas Wiralodra

Kolaborasi itu meliputi  unsur akademisi, dunia usaha, komunitas, pemerintah dan media yang biasa disebut unsur pentahelix. Dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan di bidang ekonomi, ketahanan pangan, energi, kesejahteraan dan perbaikan lingkungan hidup.

Diterangkan Bupati Nina, peran unsur pentahelix seperti dari akademisi dapat berperan sebagai konseptor yang melakukan penelitian, membantu pengelolaan identifikasi potensi dan peluang pengembangan daerah.

Unsur berikutnya adalah dunia usaha dalam bentuk badan atau pelaku usaha yang berpesan sebagai pengembang. Agar bisa membantu mencapai tujuan proses bisnis dan menghasilkan nilai tambah serta mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selanjutnya, kata Nina, komunitas yang berperan sebagai akselerator yang menghubungkan antara pemangku kepentingan untuk membantu masyarakat dalam peningkatan perubahan sosial.

BACA JUGA:Jokowi Terima Delegasi World Water Council di Istana Merdeka

Kemudian media yang berperan sebagai penyebar informasi dalam membangun citra dari perubahan sosial yang sedang dibangun oleh pemerintah dan masyarakat. Agar menghasilkan kemudahan akses informasi.

“Kolaborasi ini dapat kita maksimalkan untuk membangun perubahan sosial. Yang paling utamanya memiliki visi besar yaitu Kabupaten Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan Berita Acara yang ditandatangani Rektor Unwir, Ketua FKDT, Ketua Gerakan Pramuka, Ketua Koalisi Perempuan Indonesia, Ketua NPCI, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinsos, Camat Kecamatan Tukdana dan Ketua KNPI. Kemudian dilanjutkan oleh Bupati Indramayu Nina Agustina. (dun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: