Hari Ini Putuskan Biaya Haji

Hari Ini Putuskan Biaya Haji

Suasana kedatangan jamaah haji di Surabaya.--jawapos

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kemarin (13/2), kembali menggelar rapat terkait biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2023 bersama Komisi VIII DPR RI. Selanjutnya, hari ini (14/2), besaran biaya haji direncanakan dapat diputuskan.

Seperti yang Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi menuturkan, pihaknya bersama pemerintah terus membahas besaran BPIH secara intensif. Rapat koordinasi digelar maraton siang dan malam. ”Senin (hari ini, Red) masih RDP (rapat dengar pendapat). Pada 14 Februari kami putuskan,” ujarnya.

DPR bersama pemerintah dalam rapat-rapat, akan mencoba menyisir komponen-komponen pembiayaan haji untuk bisa dilakukan efisiensi. Misalnya, biaya pesawat yang menjadi komponen pembiayaan terbesar perjalanan haji. Tahun ini biaya penerbangan calon jamaah haji (CJH) mengalami kenaikan tajam. Yakni, sekitar Rp 33,9 juta. Naik Rp 4 juta dari tahun sebelumnya sebesar Rp 29,5 juta per jamaah. ”Prinsipnya, kami minta dan memperjuangkan untuk bisa efisiensi,” ungkapnya.

Yang muncul skenario lain adalah pengurangan durasi lama tinggal CJH di Arab Saudi. Menurut dia, akan ada penghematan signifikan ketika masa perjalanan haji dikurangi dari 42 hari menjadi 35 hari. Baik dari segi katering maupun biaya lainnya.

BACA JUGA:Begini Pengakuan Istri Rizal Djibran yang Tidak Pernah Dinafkahi Suaminya, Sampai Tidak Serumah Lagi

Ini menjadi catatan adalah kesiapan embarkasi. Termasuk soal keselamatan dan kenyamanan jamaah. Sebab, ketika durasi dipotong menjadi 35 hari, jumlah penerbangan CJH ke Saudi harus ditambah. Dari semula tiga kali sehari menjadi lima kali sehari. ”Apakah embarkasi mampu? Kalau pesawat insya Allah mampu, Garuda mampulah,” tutur politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Dengan efisiensi tersebut, beban biaya perjalanan ibadah haji (bipih) yang harus dibayar jamaah bisa diturunkan dan menjadi terjangkau. ”Prinsipnya, kita ingin solusi yang berkeadilan dan berkelanjutan. Kenapa berkelanjutan? Agar hasil manfaat pengelolaan BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji) bukan hanya untuk yang berangkat tahun ini saja, melainkan juga untuk tahun-tahun selanjutnya,” sambungnya, dikutip dari jpnn.com.

Mengenai proporsi pembebanan biaya haji, Ashabul mengaku menawarkan dua skema. Yakni, 50:50 atau 40:60 untuk besaran yang dibayar pemerintah dan jamaah. Seperti diketahui, tahun ini pemerintah mengusulkan skema 70:30. Yaitu, 70 persen biaya ditanggung jamaah dan 30 persen subsidi pemerintah, yang diambil dari nilai manfaat dana haji yang dikelola BPKH. ”Kita ingin win-win solution, 50:50 atau 40:60. Sementara masih kami bahas,” tegasnya.

Selain BPIH, pemerintah terus melakukan persiapan di sektor lainnya. Salah satunya, petugas haji yang akan mendampingi CJH.

BACA JUGA:110 Pantarli Se-Kecamatan Sukagumiwang di Lantik

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kemenag Hilman Latief meminta seluruh petugas haji bersikap ramah kepada jamaah, utamanya mereka yang lanjut usia (lansia).

Kemenag tengah menyiapkan standardisasi pelayanan khusus jamaah lansia. Sebagai informasi, pada musim haji 1444 H/2023 M ini, terdapat kurang lebih 62 ribu jamaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek ibadah maupun layanan lainnya. ”Karena itu, kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan, maupun layanan umumnya,” jelasnya. (jpnn)

BACA JUGA:Tekan Tingginya Angka Kecelakaan Satlantas Polres Indramayu Edukasi Driver Ojol Tertib Berlalu Lintas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: