Melalui Program PKU, PNM Berhasil Berdayakan UMKM

Melalui Program PKU, PNM Berhasil Berdayakan UMKM

Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM, Dicky Fajrian gelar jumpa pers--

JAKARTA , RADARINDRAMAYU.ID PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) berhasil memberdayakan dan memberikan pendampingan kepada UMKM di Indonesia. 

Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PT PNM, Dicky Fajrian menjelaskan, selama tahun 2022, PNM PKU telah mendampingi UMKM binaannya yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Melalui berbagai pelatihan salah satunya program Mba Maya (Membina dan Memberdaya) dengan mengusung tema Literasi Keuangan, Pentingnya Memiliki Nomor Induk Bewusaha (NIB). 

Pemasaran di media sosial, registrasi di e-commerce, pengembangan kemasan, dan aplikasi keuangan sederhana. Tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun. 

BACA JUGA:Petani Keluhkan Saluran Air, Pemcam Lakukan Pengerukan

Sebagai bentuk hubungan emosional, lanjut Dicky, ia terus memberikan pendampingan usaha kepada UMKM sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha yang dijalankanc oleh nasabah PNM hingga naik kelas. 

“Saat ini telah tercatat bahwa sebanyak 692.275 UMKM binaan PNM. Mereka sudah mengikuti 14.896 program pelatihan PKU selama tahun 2022,”jelasnya usai acara Senen (17/1/2023) 

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan supaya bisa  mendorong para nasabah PNM. Agar  dapat meningkatkan pengetahuan dengan mengikuti pelatihan melalui program PKU. Adapun manfaatnya banyak terutama meliputi memiliki perijinan usaha (NIB). 

 Sehingga, kata dia, legalitas usahanya terjamin suaya dapat meningkatkan fasilitas pembiayaan dari perbankan. Bahkan Bisa  berkesempatan mengikuti pengadaan barang atau jasa pemerintah. 

BACA JUGA:SMPN 1 Anjatan Konsisten Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Kemudian nasabah juga didampingi untuk on boarding social media. Agar bisa memperluas pemasaran usahanya melalui pasar digital atau online dan nasional yang bisa menambah kesejahteraan keluarga bagi nasabah PNM naik kelas. 

Selanjutnya, program ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM. PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif. Sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman. Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: