Berdayakan UMKM, Lohbener Bersiap Jadi Pusat Oleh-oleh Haji

Berdayakan UMKM, Lohbener Bersiap Jadi Pusat Oleh-oleh Haji

RAPAT SINERGITAS – Camat Edy Wahyono bersama jajaran Forkompimcam saat memimpin rapat sinergitas evaluasi 10 program Bupati Indramayu, di aula Abral, Desa Lohbener itu, Rabu (11/1).--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Optimalisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kecamatan Lohbener di tahun 2023 ini.

Upaya ini dilakukan sebagai persiapan menjadikan Kecamatan Lohbener menjadi pusat oleh-oleh haji maupun umroh. Seiring rencana pembukaan Embarkasi Haji Indramayu pada musim haji 2023.

Sebagaimana diketahui, Embarkasi Haji Indramayu berlokasi di tepi jalan raya pantura Kecamatan Lohbener, tepatnya di Desa Legok.

Difungsikan menjadi tempat persinggahan calon jemaah haji khususnya masyarakat di wilayah timur Provinsi Jawa Barat. Sebelum mereka diterbangkan menuju tanah suci lewat Bandara Internasional Kertajati, Majalengka.

BACA JUGA:Dirut PDAM, Tahun Ini Tarif Air Bersih Bakal Disesuaikan 30 Persen

Sebagai informasi, pada bulan Mei 2023 kloter pertama Jawa Barat akan berangkat dari embarkasi haji Indramayu.

Tak hanya itu, di atas 13 hektare lahan tanah hibah dari Pemkab Indramayu tersebut, akan dibangun pula Museum Haji, Rumah Sakit dan juga mockup pesawat. Serta tempat manasik yang dapat digunakan calon jamaah Haji maupun anak-anak pelajar.

Sehingga keberadaan Embarkasi Haji Indramayu tidak semata-mata untuk mendukung kelancaran ibadah haji. Tapi juga menjadi ikon wisata religi dan pusat pendidikan agama di Kota Mangga.

“Adanya Embarkasi Haji Indramayu ini pastinya memiliki multiplier effect terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya di Kecamatan Lohbener,” terang Camat Lohbener, Drs H Edy Wahyono kepada Radar, Kamis (12/1).

BACA JUGA:Masalah Ciki Ngebul, Wakil Ketua DPRD Bekasi: Minta Dinas Kesehatan Awasi Jajanan Anak di Lingkungan Sekolah

Karena itu, ungkap dia, pada tahun 2023 ini, Pemcam mempunyai program unggulan yakni menjadikan Kecamatan Lohbener sebagai pusat oleh-oleh haji maupun umroh.

Strategi yang dilakukan diantaranya mengoptimalkan pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan berbasis pada UMKM. Dengan menggenjot berbagai kegiatan pelatihan. Mulai dari proses pengolahan, labelisasi, pengemasan, perijinan industri rumah tangga, OSS sampai sertifikasi halal.

“Sehingga kedepannya UMKM yang ada di kita ini mampu memproduksi bermacam oleh-oleh Haji khas dari Kecamatan Lohbener. Berpotensi mengangkat icon Indramayu sebagai Kota Mangga dan produk halal. Disamping tentunya menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi serta dapat menyerap tenaga kerja lokal,” jelasnya.

Camat Edy Wahyono menyatakan, mendukung rencana itu pihaknya telah melaksanakan rapat sinergitas evaluasi 10 program Bupati Indramayu tahun 2022 dan menyusun rencana kerja tahunan lintas sektoral Kecamatan Lohbener tahun 2023.

BACA JUGA:Masalah Ciki Ngebul, Wakil Ketua DPRD Bekasi: Minta Dinas Kesehatan Awasi Jajanan Anak di Lingkungan Sekolah

Semua stake holder pemerintahan dan jajaran Forkompimcam hadir dalam rapat bertempat di aula Abral, Desa Lohbener itu, Rabu (11/1).

Dalam kesempatan itu, pihaknya memaparkan evaluasi pencapaian 10 program unggulan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA. Yaitu : Iceta, Bersuling, Ledig, Peri, Kruwcil, Dokmaru, Jaket, Dekat, Lada dan Alur masa periode Januari-Desember 2022.

“Sepuluh program unggulan Bupati Indramayu akan terus kita genjot. Menjadi komitmen kami bersama mewujudkan visi Indramayu Bermartabat. Dan, Alhamdulillah semuanya juga sangat antusias mendukung dan siap merealisasikan program pemberdayaan UMKM dalam menyambut rencana pembukaan Embarkasi Haji Indramayu pada musim haji tahun ini,” tandasnya.

BACA JUGA:Disdikbud Indramayu Bakal Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: