Tim Gabungan Razia Kamar Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon

Tim Gabungan Razia Kamar Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon

HASIL RAZIA: Petugas hanya menemukan kawat, paku, pecahan kaca, korek bensin, charger ponsel, alat masak buatan, dan lainnya. Barang-barang tersebut, dianggap masih wajar.--

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Tim gabungan Lapas Narkotika Cirebon, Polresta Cirebon, Polsek Ciwaringin dan Koramil Ciwaringin melakukan razia seluruh kamar hunian narapidana, Lapas Narkotika Kelas II A Cirebon, Gintung Tengah, Kecamatan Ciwaringin, Rabu malam (21/12).

Kegiatan razia yang dilaksanakan oleh tim gabungan ini, bertujuan untuk mendeteksi dini dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban yang disebabkan oleh adanya barang-barang terlarang masuk ke dalam lapas. Tentunya, razia pun dilakukan secara mendadak agar tidak bocor ke telinga narapidana.

Razia gabungan langsung dipimipin oleh Kalapas Gintung Teguh Pamuji yang dimulai pada pukul 21.00 sampai dengan 23.00. Petugas menyisir setiap kamar hunian, semua sela dan kamar digeledah secara menyeluruh. Dengan sasaran seperti benda-benda tajam, alat pemercik api, alat elektonik, jalur listrik ilegal, HP dan narkoba.

"Kegiatan ini dalam rangka peningkatan kewaspadaan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. Meskipun ini penggeledahan terhadap kamar warga binaan, pada saat pelaksanaanya tetap harus  menjunjung rasa kemanusiaan, bersikap humanis tidak arogan, guna terciptanya situasi dan kondisi yang aman terkendali,”  kata Kalapas Gintung Teguh Pamuji dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/12).

BACA JUGA:Jelang Nataru, Puluhan Ribu Botol Miras Dimusnahkan di GOR Ranggajati

Setelah lebih dari satu jam razia, tim gabungan tidak menemukan benda yang mencurigakan atau yang bersifat krusial. Petugas hanya menemukan kawat, paku, pecahan kaca, korek bensin, charger ponsel, alat masak buatan, dan lainnya. Barang-barang tersebut, dianggap masih wajar.

Pamuji mengaku, kegiatan razia yang dilaksanakan oleh pihaknya tidak hanya dilakukan pada hari-hari besar saja. Tetapi, dilakukan setiap hari oleh jajaran kamtib dan keamanan secara random pada seluruh kamar. Sehingga, saat razia besar, meskipun mendadak sekalipun, tetap tidak ada benda mencurigakan.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memperketat pengawasan pada warga binaan dengan cara setiap orang yang hendak melintasi pintu utama, baik tamu maupun pegawai tetap digeledah. Hal ini dilakukan untuk mencegah barang-barang terlarang masuk ke dalam lapas.

BACA JUGA:Manfaat Jinten untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Sementara itu, Kepala Sub Unit Narkoba Polresta Cirebon Aiptu Momo mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung upaya-upaya cipta kondisi di wilayah hukum Polresta Cirebon. Khususnya berkaitan dengan pemberantasan narkotika. Ia bersama dengan 10 anggota Sat Res Polresta Cirebon membantu pelaksanaan razia gabungan tersebut.

"Razia gabungan kali ini dilakukan di satu titik blok hunian yang memiliki 12 kamar, seluruh kamar yang ada di Blok C tersebut disisir dan digeledah mulai dari kamar besar dengan jumlah penghuni 20 orang, sampai kamar kecil yang berjumlah 3 orang. Tidak ditemukan benda mencurigakan," paparnya.

BACA JUGA:Obat Alami untuk Mengatasi Gusi Hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: