Manfaat Jinten untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Manfaat Jinten untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

jinten--

RADARINDRAMAYU.ID - Jinten sudah lama dikenal sebagai bahan untuk menambah cita rasa masakan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa Jinten memiliki manfaat buat kesehatan tubuh kita.

Jika kita mengkonsumsi Jinten secara langsung maupun lewat masakan bisa membantu memberi manfaat untuk menjaga kesehatan pencernakan hingga mengontrol kolesterol.

Menurut sejumlah penelitian, Jinten ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya:

Menjaga kesehatan Pencernaan
Salah satu manfaat dari Jinten adalah mengatasi gangguan pencernaan. Jika dikonsumsi secara rutin, bahan ini disebut bisa membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bahan ini juga disebut bisa meningkatkan pelepasan empedu dari hati, sehingga bisa membantu mencerna lemak dan nutrisi tertentu di usus.

BACA JUGA:Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Liburan Natal dan Tahun Baru

Kaya Kandungan Zat Besi
Biji jinten kaya akan kandungan zat besi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Satu sendok teh jinten disebut mengandung hingga 1,4 milirgram zat besi. Asupan zat gizi dibutuhkan tubuh untuk membantu mencegah terjadinya anemia atau penyakit lain yang berkaitan dengan kekurangan darah.

Antioksidan Alami
Jinten juga bisa berperan sebagai antioksidan alami karena mengandung banyak senyawa alami, seperti terpenes, fenol, flavonoid, dan alkaloid. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, risiko terjadinya kerusakan pada tubuh akibat radikal bebas bisa dihindari.

Baik untuk Pengidap Diabetes
Pengidap diabetes mungkin bisa mempertimbangkan untuk “bersahabat” dengan jintan. Tanaman ini disebut bisa membantu mengontrol gula darah dan dapat melawan beberapa efek jangka panjang dari diabetes.

Mengontrol Kolesterol
Selain gula darah, mengonsumsi jintan juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol. Mengonsumsi tumbuhan ini dipercaya bisa membantu menurunkan kadar “kolesterol jahat” dan pada saat bersamaan akan meningkatkan kadar “kolesterol baik”.

BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Hari Ini Ada di Simpang Tiga Karangampel  

Menurunkan Berat Badan
Sedang berusaha menurunkan berat badan? Mungkin jintan bisa menjadi jawaban! Ada studi klinis yang menemukan bahwa konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung jinten bisa membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut dan mencari tahu kaitan jinten dengan penurunan berat badan.

Melawan Peradangan
Jintan ternyata memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa membantu melawan atau menghambat peradangan. Tanaman ini juga disebut memiliki sifat anti-bakteri. Artinya, konsumsi jinten mungkin bisa membantu membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh, misalnya melalui makanan. Dengan begitu, bakteri tersebut tidak bisa menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan. Jintan disebut bisa membunuh berbagai jenis bakteri yang masuk ke dalam tubuh, termasuk bakteri E. coli.

BACA JUGA:900 Botol Ciu Disita dari Sebuah Kios di Talun Milik Bandar Miras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: