Jasa Marga Siapan Amankan Nataru

Jasa Marga Siapan Amankan Nataru

APEL: PT Jasamarga Trans Jawa Tol Representative 2 Ruas Palikanci menggelar Apel Siaga Nataru 2022.--

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - PT Jasamarga Transjawa Tol Representative 2 Ruas Palikanci menggelar Apel Siaga Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Amat Basuni selaku Operation & Maintenance Senior Manager PT Jasamarga Transjawa Tol RO 2 Palikanci menyampaikan, predikisi puncak arus balik Natal terjadi pada tanggal 23 Desember 2022 dengan total lalu lintas (lalin) 36.104 atau naik 2% dari tahun 2021 sebanyak 31.496.

Sedangkan prediksi volume lalu lintas puncak arus mudik Tahun Baru 2023 mencapai 32.718 kendaraan per hari dan pada arus balik mencapai 45.069 kendaraan per hari dengan asumsi Peak Hour Factor 7%.

Pemberlakuan lalu lintas normal (tanpa One Way) diperkiraan masih dapat menampung volume lalu lintas pada jalur ruas Palikanci dengan V/C Ratio = 0,50 dan 0,69.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dengan memastikan semua produk yang optimal kepada pengguna jalan yang akan memanfaatkan momen libur Nataru. Dan mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku agar selamat selama perjalanan,” ujar Amat Basuni.

BACA JUGA:Orang Tua Gilang Berharap Anaknya Ditemukan

Dikatakannya, informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga dapat diakses melalui One Call Center 24 jam juga aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Pihaknya juga melakukan upaya di bidang layanan transaksi. Yakni penyiapan Mobile Reader sebanyak 15 unit (7 Unit Gardu Entrance dan 8 Unit Gardu Exit). Melakukan Top Up Tunai menggunakan EDC di Gerbang Palimanan 4, Plumbon 1&2, Ciperna Timur & Barat serta Kanci posisi EDC Gardu Pinggir. Menambah Petugas On Call untuk antisipasi penggunaan MR dan Bantu Tapping sebanyak 12 Orang.

Pengecekan keberfungsian genset di gerbang tol. Imbauan agar saldo e-Toll cukup melalui VMS dan spanduk di JPO. Pemasangan rambu standar dilarang berputar untuk menghindari AGS. Sedangkan untuk kesiapan bidang konstruksi, dilakukan pemeliharaan periodik SFO dan rekonstruksi perkerasan jalan. “Kita lakukan antisipasi banjir dan kesiapan alat pompa Alcon 2 unit. Dan juga kesiapan kendaraan water tank 3 unit,” jelasnya.

Sementara upaya pelayanan arus lalu lintas Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Palikanci adalah memfungsikan kembali toilet fungsional di rest  rea Wilayah Jawa barat, TIP 207 menambah 107 kubikel toilet fungsional, TIP 88 A dan TIP 88 B, masing-masing menambah 50 kubikel toilet fungsional.

BACA JUGA:Polairud Diterjunkan, Pencarian Anak 7 Tahun yang Hilang di Sungai Bugel

Membuat rekayasa lalin dan mempersiapkan perambuan untuk arus lalin ONE WAY di TIP 207 A (apabila diperlukan). Melakukan switching produk BBM di SPBU 207 A dari Bio Solar menjadi pertamax untuk pemenuhan kebutuhan BBM para pemudik (apabila diperlukan). Tetap melaksanakan protokol kesehatan, dengan melakukan screening dan barcode PeduliLindungi kepada para tenant dan pegawainya.

Kemudian bekerjasama dengan instansi Kepolisian untuk pengadaan Posko Terpadu berupa Posko keamanan, posko Kesehatan, dan Posko vaksin (apabila diperlukan). Memberikan imbauan secara visual berupa spanduk, banner dan melalui public adress. Juga menambah jumlah personel kebersihan, keamanan dan operator SPBU untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pengunjung.

“Upaya-upaya yang dilakukan untuk mempercepat penanganan gangguan perjalanan atau kecelakaan adalah kerjasama dengan perusahaan crane. Di antaranya PT Cipta Hasil Sugiarto (CHAS) dan PT Widodo Lintas Samudera yang siap membantu hal penanganan gangguan perjalanan ataupun kecelakaan kendaraan sumbu 3-5 selama 24 jam,” tukasnya.

BACA JUGA:3000 Pelajar di Kecamatan Anjatan Sudah Terima KIA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: