Tinjau TPA Pecuk, Bupati Ingin Manfaatkan Sampah Sebagai Energi Listrik

Tinjau TPA Pecuk, Bupati Ingin Manfaatkan Sampah Sebagai Energi Listrik

Bupati Indramayu Nina Agustina tinjau TPA Pecuk di Desa Panyindangan Kulon Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Kamis, 15 Desember 2022-Diskominfo Indramayu-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Bupati Indramayu Nina Agustina melakukan kunjungan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pecuk di Desa Panyindangan Kulon Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, Kamis, 15 Desember 2022.

Melihat kondisi sampah di TPA Pecuk yang volumenya semakin tak terkendali, Bupati pun berkeinginan untuk memanfaatkan sampah sebagai energi.

Bupati Nina mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu berencana memanfaatkan sampah yang berada di TPA Pecuk sebagai energi pembangkit tenaga listrik.

“Sampah ini merupakan masalah yang tak akan pernah terselesaikan. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan sampah sebagai energi pembangkit tenaga listrik. Mohon doanya dari masyarakat Indramayu, agar keinginan ini bisa segera menjadi kenyataan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Piala Dunia 2022 Malam Ini : Duel Seru Kroasia vs Maroko

Dalam kunjungan tersebut Bupati Indramayu Nina Agustina yang didampingi Sekda Indramayu Rinto Waluyo, membawa serta investor dari Tiongkok. 

Menurut Bupati Nina Agustina, keberadaan sampah di TPA Pecuk harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai sampah yang menggunung di TPA Pecuk Kecamatan Sindang justru menimbulkan masalah baru.

Seperti diketahui, TPA Pecuk memiliki luas 10,5 Ha dan  berlokasi di Desa Panyindangan Kulon, Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu.

TPA ini menampung sampah dari wilayah  perkotaan Kecamatan Indramayu, Sindang, Balongan, Pasekan serta dari pasar dan jalan-jalan utama di Kota Kecamatan Karangampel dan Jatibarang.

BACA JUGA:Pemkab Indramayu dan KPPN Cirebon Serahkan DIPA Tahun Anggaran 2023 

Sistem pemrosesan akhir sampah di TPA Pecuk adalah penimbunan dengan sistem Sanitary Landfill, pengomposan sampah organik,pemanfaatan gas methan.

TPA Pecuk sudah dilengkapi dengan kantor, laboratorium, jembatan timbang, jalan inspeksi, IPAL, sumur pantau, bangunan komposter, biodigester, aliran gas methan, pagar, gapura, buffer zone,alat berat (buldozer, eksavator).

Rencana pemanfaatan sampah TPA Pecuk sebagai sumber energi pembangkit tenaga listrik tentunya sangat bagus, dan berharap bisa segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA:XL Axiata Raih 4 Kategori Opensignal Award Desember 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: