Petani Mangga di Indramayu Mengeluh, Harga Gedong Gincu Anjlok

Petani Mangga di Indramayu Mengeluh, Harga Gedong Gincu Anjlok

Mangga Gedong Gincu Indramayu--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Petani mangga di Kabupaten Indramayu mengeluh. Pasalnya, harga mangga gedong gincu yang menjadi andalan petani Indramayu ini, harganya anjlok alias turun drastis.

Petani mangga, Khasan mengatakan, turunnya harga gedong gincu dipicu terjadinya panen raya dari daerah lain selain Indramayu, sehingga berdampak pada rendahnya harga gedong gincu hingga mencapai harga terendah Rp10 ribu per kilogram.

Padahal, sambung Khasan, harga mangga gedong gincu apabila normal bisa mencapai Rp 26 ribu per kilogram, dan apabila pasokan banyak berada di harga Rp15 ribu per kilogram.

“Panen bulan ini (November, red) paling rendah sekali yang dialami petani mangga khususnya gedong gincu. Haraganya Rp10 ribu per kilogram di tingkat petani. Harga jual juga di bawah Rp20 ribu per kilogram. Padahal biasanya untuk harga jual mangga gedong gincu bisa di atas Rp 30 ribu per kilogram,” ungkap Khasan.

BACA JUGA:Antisipasi Banjir, Spal Kalimati Patrol Baru Dinormalisasi

BACA JUGA:Pengen Rokok, Pria Warga Kertasura Nekat Bobol Minimarket

Sementara itu, pengepul mangga, Asno mengatakan, naik turunnya harga mangga tergantung pada harga pasar. Saat panen berlimpah, kata Asno, banyak stok mangga sehingga harga akan turun.

“Di agen-agen buah langganan pengiriman keluar daerah seperti Cirebon, Bekasi, Karawang, dan daerah lainnya permintaan tetap, sedangkan stok buah berlimpah sehingga harga turun,” tutur Asno.

Sehingga, lanjutnya, penjual memilih menjual dengan harga murah daripada buah menumpuk dan menjadi busuk.
“Lebih baik kita jual meskipun harganya rendah, hindari kerugian lebih besar karena buah busuk akan pasti terbuang sedangkan kita di petanikan beli,” ujarnya.

BACA JUGA:Pelaku Begal Sadis Dibekuk Polisi, Satu Lagi Masih Buron

BACA JUGA:Mariana Varela dan Fabiola Valentin Resmi Menikah, Diungkap Hubungan Berawal dari Cinlok di Ajang Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: