Musim Hujan, Pedagang Bibit Tanaman Tambah Stok

Musim Hujan, Pedagang Bibit Tanaman Tambah Stok

Ilustrasi tanaman--

Radarindramayu.id, BONGAS-Sejumlah pedagang bibit tanaman di wilayah Kabupaten Indramayu bagian barat (inbar) mulai menambah stok.
Penambahan stok dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan seiring datangnya musim penghujan.

“Kalau masuk musim hujan, ramai yang beli. Tambah stok untuk persiapan,” kata Indra, salah seorang pedagang di pinggir jalan raya Bongas, kemarin.

Dia mengungkapkan, lonjakan permintaan biasanya terhadap berbagai jenis bibit tanaman buah. Seperti mangga, jambu air, jambu kristal, belimbing, lengkeng, rambutan, alpukat sampai durian.
Untuk tanaman jenis buah-buahan ini dikembangkan dengan teknik okulasi dan cangkok. Sedangkan tanaman kayu, diperbanyak dengan persemaian biji.

BACA JUGA:Menang Masuk Bui, Kalah Dirawat di RS dari Aksi Tawuran Remaja

Selain memperbanyak bibit tanaman sendiri, mereka juga mendatangkannya dari daerah lain.
“Ada beberapa jenis yang kita kembangkan sendiri, kaya mangga sama jambu. Tapi kalau yang lainnya seperti rambutan, alpukat, durian sama tanaman hias atau bunga-bungaan ambil dari daerah lain,” terangnya.

Pedagang lainnya, Abong, mengaku mendatangkan bibit tanaman buah dan hias dalam jumlah besar dari Kabupaten Majalengka, Subang dan Sumedang. Cara ini untuk menekan harga beli dan jual bibit agar lebih murah.

“Konsumen sekarang maunya beli yang murah-murah saja, tapi rada banyakan. Umumnya sih untuk tanam perdana sama untuk tambal-sulam dari tanaman yang sudah ada. Pas musim kemarau kan banyak yang mati kurang air,” jelasnya.

Abong memperkirakan, tambulampot atau tanaman buah dalam pot akan laris manis diburu pembeli.
Hal ini karena menanam buah dalam pot yang relatif mudah perawatan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain untuk hobi, tabulampot juga untuk mempercantik halaman rumah yang tidak terlalu luas.

BACA JUGA:Puluhan Pelajar Diciduk Polisi, Pesta Miras dan Hendak Tawuran di Pabuaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: