Ini 5 Wisata di Yogyakarta dapat Anda Kunjungi Selama Liburan Bersama Keluarga

Ini  5 Wisata di Yogyakarta dapat Anda Kunjungi Selama Liburan Bersama Keluarga

Bukit Kaliadem--

Radarindramayu.id - Perjalanan bisnis, kunjungan keluarga, ataupun liburan akhir tahun di Yogyakarta? Mengapa Tidak? Yogyakarta merupakan sebuah ibu kota dan pusat pemerintahan dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Julukan dari Yogyakarta adalah kota pelajar sebab terdapat banyak pusat pendidikan yang berkualitas tinggi di sana. Selain itu, Yogyakarta juga tidak terlepas dari keunikan dan budayanya yang masih kental.

Anda juga dapat mengunjungi banyak destinasi wisata yang terdapat di Yogyakarta dengan mudah dan murah. Tidak perlu khawatir, karena Anda dapat menggunakan kereta api dan booking tiket kereta online di Traveloka dengan mudah.

Sebelum berlibur, kami akan memberikan beberapa rekomendasi wisata di Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi.

1.   Kaliadem

Wisata di Yogyakarta yang pertama adalah Kaliadem. Ini merupakan sebuah bunker beton terbengkalai yang berada di gunung merapi. Anda akan melewati jalan tanah dan cukup bergelombang untuk sampai ke bunker ini.

Lokasi kaliadem berada di Kinarejo, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Untuk harga tiket masuk adalah sebesar Rp. 10.000 per orang dan Rp. 5.000 untuk biaya parkir. Rutenya adalah Anda dapat melewati jalan Kaliurang hingga pertigaan pakem. Setelah itu, Anda akan mengambil arah kanan hingga mendapati papan petunjuk ke gunung merapi.

BACA JUGA:Hujan, Suplay Air PDAM Ke Pelanggan Tetap Normal

Sebaiknya Anda membawa kendaraan yang mampu menempuh medan curam dan berbatu. Alternatif lainnya adalah penyewaan mobil jeep dengan tarif tertentu sesuai kebutuhan dan kapasitas.

2.   Bukit Kali Kuning

Destinasi wisata selanjutnya adalah Bukit Kali Kuning. Bukit Kali Kuning ini merupakan sebuah destinasi wisata yang berada di dekat lereng gunung Merapi. Destinasi ini sangat cocok untuk berkemah ataupun outbond training.

Yang mempesona dari destinasi ini adalah terdapat mata air yang jernih mengalir melalui sungai dari Pakem hingga Berbah. Untuk lokasinya, destinasi ini berada di Jalan Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta.

Anda dapat melewati Tugu jogja menuju Jalan Kaliurang untuk menuju ke destinasi ini. Selama perjalanan, Anda juga akan melalui Pasar Pakem lalu berjalan sepanjang 1 km hingga tujuan. Untuk fasilitas umum, terdapat warung makan, toilet umum, area parkir, dan area penginapan yang dapat Anda pesan.

BACA JUGA:Gubernur Jawa Barat Raih Penghargaan atas Kesuksesan  Entaskan Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal

3.   Museum Ullen Sentalu

Anda juga tidak boleh melewatkan Museum Ullen Sentalu selama berada di Yogyakarta. Ini merupakan museum yang menampilkan budaya dan kehidupan bangsawan pada dinasti Mataram saat itu.

Lokasi museum ini berada di Jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Museum ini dibuka pada hari selasa hingga hari minggu mulai pukul 8.30 pagi hingga pukul 3 sore. Sementara itu, museum ini ditutup pada hari senin.

Untuk biaya tiket masuk adalah sebesar Rp. 15.000 untuk anak-anak dan Rp. 40.000 untuk orang dewasa. Sementara itu, rute ke museum adalah melalui Jalan Kaliurang lalu belok kiri menuju Jalan Boyong hingga ke tujuan.

4.   Malioboro

Anda juga dapat berkunjung ke Malioboro, destinasi yang khas dari Yogyakarta. Jalan Malioboro merupakan salah satu kawasan dari tiga jalan di Yogyakarta yang membentang dari Tugu hingga perempatan kantor pos.

Panjang jalan ini adalah sekitar 2 km dengan lebar sekitar 25 m. Yang menarik dari Jalan Malioboro adalah terdapat banyak spot untuk belanja souvenir dan jajanan khas Yogyakarta. Anda juga dapat menikmati suasana kota Yogyakarta sembari menaiki andong dan becak.

Meskipun jalan Malioboro dapat diakses 24 jam, namun pertokoan di sepanjang jalan biasanya buka setiap pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam.

BACA JUGA:Pelaut asal Bandengan Hilang di Perairan Taiwan, Terjatuh dari Kapal

5.   Surya Loka Zoo

Anda juga dapat memesan tiket wisata ke Surya Luka Zoo. Kebun binatang ini berlokasi di Gembira Loka Zoo, tepatnya di Jalan Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta. Di kebun binatang ini, anda dapat melihat berbagai macam spesies dari belahan dunia seperti simpanse, gajah, orangtua, dan sebagainya.

Kebun binatang ini dibuka setiap hari mulai pukul 7.30 pagi hingga 4.30 sore. Untuk harga tiket masuk ke kebun binatang adalah sekitar Rp. 30.000, namun Anda akan membayar biaya tambahan bila ingin mencoba berbagai wahana seperti high ropes, flying fox, dan berkeliling menggunakan kereta Thomas.

Untuk rute ke kebun binatang adalah melalui Jalan Kaliurang lalu ke Jalan Kaliurang Barat menuju ke arah Hotel Griya Persada dimana kebun binatang ini berada persis di sebelah hotel. Terdapat juga fasilitas umum dan stand makanan yang wajib Anda coba selama berkunjung di kebun binatang.

 

Itulah beberapa wisata di Yogyakarta dapat Anda kunjungi selama berlibur. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat merencanakan perjalanan Anda melalui Traveloka mulai dari tiket wisata, akomodasi, hingga kereta untuk bepergian. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau. Liburan aman, nyaman, dan murah! 

BACA JUGA:Selokan Mampet, Ruas Jalan Provinsi Langganan Tergenang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: