Pemcam Sukagumiwang Dukung Pecahkan Rekor MURI Tari Topeng Kelana

Pemcam Sukagumiwang Dukung Pecahkan Rekor MURI Tari Topeng Kelana

GLADI BERSIH: Peserta tari topeng kelana dari Kecamatan Sukagumiwang melakukan gladi bersih sebelum tampil dalam pemecahan rekor MURI, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, SUKAGUMIWANG- Pemcam Sukagumiwang siap mendukung untuk memecahkan rekor MURI untuk tari topeng kelana dalam rangkaian Hari Jadi ke-495 Indramayu yang akan digelar Sabtu (15/10) mendatang.

Untuk itu, Pemcam Sukagumiwang menggelar gladi bersih persiapan tari topeng kelana yang akan diikuti sebanyak 40 siswi tingkat SD dan SMP di Kecamatan Sukagumiwang, Kamis (13/10).

Camat Sukagumiwang H Suratno Sukarja SAg MSi mengatakan, latihan tari topeng secara serentak adalah tahap gladi bersih jelang pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), dua hari lagi.

“Untuk Kecamatan Sukagumiwang ada 40 anak yang siap mengikuti pemecahan rekor MURI tari topeng kelana untuk siswi tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama,” ujarnya.

BACA JUGA:Pelaku Pengedar Obat di Kertasura Ditangkap Polisi

Dijelaskan Suratno, gladi bersih latihan tari topeng kelana jelang pemecahan rekor MURI merupakan pemantapan bagi para siswi agar dapat menjalankan perananya dalam membawakan tari topeng kelana sesuai dengan pakemnya. Dalam gladi bersih itu, lanjutnya, dipandu langsung oleh sanggar seni tari topeng.

“Semua sudah siap. Semoga kegiatan berjalan dengan lancar, siswi SD dan SMP bisa menampilkan tarian topeng kelana salah satu khas tari topeng Indramayu,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Yanmas Supendi mengatakan, pihaknya sangat menunggu penampilan para siswa menampilan tarian topeng kelana dalam pemecahan rekor MURI.

Supendi berharap, pelaksanaan pemecahan rekor MURI topeng kelana ini bisa menjadi upaya pelestarian seni dan budaya kearifan lokal Indramayu, dan semakin banyak generasi muda yang cinta terhadap kesenian daerah.

“Semakin banyak yang tahu tari topeng, semakin banyak anak-anak yang belajar. Ini jadi warisan seni dan budaya yang harus dijaga oleh generasi muda,” katanya.

BACA JUGA:Video Tawuran Arak-arakan Gegesik Menyebar di Media Sosial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: