Baher Gandeng BIG Sosialisasi Pemetaaan Batas Desa

Baher Gandeng BIG Sosialisasi Pemetaaan Batas Desa

Anggota Komisi VII DPR RI H Bambang Hermanto SE membuka sosialisasi pemetaan batas desa/kelurahan di Kabupaten Indramayu yang diadakan Badan Informasi Geospasial (BIG) di Grand Trisula Hotel Indramayu, Kamis (13/10)-kholil ibrahim-

Radarindramayu.id, INDRAMAYU – Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan sosialisasi pemetaan batas desa/kelurahan di Kabupaten Indramayu.

Bertempat di Grand Trisula Hotel Indramayu, acara yang diikuti ratusan peserta itu dibuka oleh anggota Komisi VII DPR RI H Bambang Hermanto SE, Kamis (13/10).

Turut mendampingi, Kepala Biro Umum dan Keuangan BIG, Ir Ali Nor Hidayat serta Fungsional Surveyor Pemetaan Muda, Pusat Pemetaan Batas Wilayah, Dwi Purnasari, ST.

Dalam sambutannnya, Baher sapaan akrab Bambang Hermanto mengatakan, sosialiasi ini diharapkan dapat menambah wawasan serta pengetahuan peserta khususnya perangkat desa dalam mengindentifikasi batas desa/kelurahan.

Terlebih masih banyak masyarakat khususnya di Bumi Wiralodra yang masih belum familiar dengan lembaga BIG yang sebelumnya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal).

BACA JUGA:Kirab dan Karnaval Budaya Pengganti Festival Tjimanuk Meriahkan Hari Jadi ke-495 Indramayu

"Sosialisasi ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi perangkat desa. Mengenai banyak hal yang berkaitan dengan pemetaan batas wilayah. Minimal masyarakat kami dapat mengenal lebih jauh apa itu BIG, tugas pokok dan fungsinya maupun produk yang dihasilkannya,” jelas dia.

Legislator senayan dari Dapil Jabar VIII ini berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mempercepat penyelesaian permasalahan-permasalahan mengenai geospasial serta mendorong pemanfaatannya dalam berbagai pengambilan keputusan yang berdampak pada hajat hidup masyarakat.

Tentu juga hal ini perlu memperoleh dukungan dan partisipasi dari kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, serta seluruh masyarakat guna memformulasi ide terobosan yang inovatif dalam pemanfaatan informasi geospasial.

“Kedepannya akan kita dorong supaya perangkat desa di Indramayu bisa mengikuti kegiatan semacam ini. Karena ini manfaatnya sangat besar sekali, tidak hanya bagi mereka tapi juga buat Pemerintah Daerah. Karena itu, BIG kita dorong terus untuk melakukan sosialisasi sehingga informasi geospasial bisa dimanfaatkan secara optimal oleh publik,” tegas politisi muda Partai Golkar ini.

Sementara itu Kepala Biro Umum dan Keuangan BIG, Ir Ali Nor Hidayat menjelaskan, sosialisasi pemetaan batas desa/kelurahan di Kabupaten Indramayu ini merupakan program aspirasi yang diinisiasi oleh anggota Komisi VII DPR RI H Bambang Hermanto SE.

Diadakannya sosialisasi ini untuk membekali masyarakat mengenai pemetaan batas wilayah. Memperjelas batas wilayah administrasi sehingga dapat meminimalisasi potensi timbulnya permasalahan.

"Kehadiran BIG di sini ingin memberikan penjelasan bahwa pentingnya desa-desa di seluruh Indonesia melakukan pembaharuan mengenai batas-batas wilayahnya, supaya lebih akurat dan bermanfaat bagi kelangsungan pembangunan desa. Sekaligus juga mencegah konflik masyarakat,” terangnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: