Deklarasi Setop Buang Air Besar Sembarangan

Deklarasi Setop Buang Air Besar Sembarangan

DEKLARASI: Pemcam Sukagumiwang bersama pemdes deklarasi ODF di Aula Kecamatan Sukagumiwang, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, SUKAGUMIWANG- Pemerintah desa se-Kecamatan Sukagumiwang melakukan deklarasi open defecation free (ODF) atau setop buang air besar sembarangan, Jumat (30/9).

Bertempat di Aula Kecamatan Sukagumiwang, deklarasi ODF tersebut secara langsung dipimpin Camat Sukagumiwang H Suratno Sukarja SAg MSi, kemudian diikuti seluruh jajaran staf dan kasi Pemcam Sukagumiwang dan perwakilan pemerintah desa.

Camat Sukagumiwang H Suratno Sukarja SAg MSi mengatakan kegiatan yang dimotori UPTD Puskesmas Sukagumiwang ini, sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat kesadaran masyarakat dalam hal kebersihan dan keindahan lingkungan, dengan tidak membuang air besar sembarangan di sungai.

Dijelaskan Suratno, ODF merupakan dimana kondisi individu atau masyarakat tidak buang air besar sembarangan, yang tidak memenuhi syarat sehingga mengakibatkan penyakit.

“Ada beberapa faktor yang mengakibatkan warga buang air besar sembarangan atau di sungai atau tempat lainnya seperti keterbatasan masyarakat yang rumahnya tidak memiliki MCK,” ujarnya.

Suratno mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang air sembarangan. Ia berharap masyarakat untuk mempunyai rasa kesadaran dan rasa malu  terhadap diri sendiri dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya, sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, serta terwujudnya Indramayu bermartabat.

“Setelah dekrasi ini, pemdes juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan dan bisa membantu masyarakat yang belum memiliki sanitasi yang bagus atau MCK,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: