Jadikan Embung Jangkar Sindang sebagai Eduwisata

Jadikan Embung Jangkar Sindang sebagai Eduwisata

DORONG EDUWISATA: Tim PKM Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu melakukan serah terima sarana kepada BUMDes Singalodra Desa Sindang, kemarin.--

Radarindramayu.id, INDRAMAYU- Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Kemendikbud Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu melakukan serah terima sarana kepada BUMDes Singalodra Desa Sindang.

Pelaksanaan serah terima sarana ini dihadiri langsung oleh Ketua LPPM Universitas Wiralodra Ir Yudi Mahmud MP dan Kuwu Desa Sindnag Carnita.

Sementara, kegiatan PKM ini sendiri diketuai oleh Denni Ismunandar MPd dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Matematika, Muh Pauzan SSi MSc dari Fakultas Teknik Prodi Teknik Komputer dan Riva Rachmi Kusumah SH MH dari Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum.

Ketua PKM, Denni Ismunandar MPd mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan maupun bantuan kepada Desa Sindang untuk dapat menjadikan Embung Jangkar sebagai eduwiasata.

BACA JUGA:Seorang ABG Warga Larangan Dicabuli di Belakang Sekolah

Dijelaskan Denni, tim PKM Unwir memberikan dua alat untuk digunakan di Embung Jangkar.

“Pertama adalah panel surya, panel surya digunakan untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ini dilakukan lantaran di Embung Jangkar selalu terkena sinar matahari dari pagi sampai sore hari,” tutur Denni, kemarin.

Lebih lanjut, dikatakan Denni, dengan adanya panel ini, dapat menjadikan embung tidak hanya menjadi tempat wisata bagi warga, tapi juga menjadi sarana edukasi.

Sarana yang kedua adalah sepeda generator. Sepeda ini, kata Denni, dapat mengkonversi energi mekanik yang berasal dari kayuhan tenaga manusia menjadi energi listrik.

BACA JUGA:Tentara Cilik Dermayu SDN 1 Cilandak Lor Juara LKBB se-Jawa. Dapat Apresiasi dari Bupati Nina

Energi listrik yang dihasilkan lalu disimpan ke baterai 12V.  Dari baterai ini, sambungnya, dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik, seperti digunakan untuk menyalakan lampu 12V DC, dan lain-lain.

“Dengan adanya penambahan alat berupa panel surya dan sepeda generator yang dibuat oleh Tim PKM Unwir maka menjadikan Embung Jangkar tidak hanya menjadi embung wisata tapi juga menjadi embung wisata berbasis edukasi ke masyarakat,” pungkasnya.

BACA JUGA:Ingat! Operasi Zebra 2022 Digelar Serentak se-Indonesia, Mulai Senin 3 Oktober 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: